Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Curhat Soal Cisumdawu, Jusuf Hamka: Kami tak Ingin Korbankan Mutu untuk Kejar Waktu

Diakui Jusuf, memang ditemui banyak kendala dalam proses finalisasi Tol Cisumdawu Seksi 4-6 hingga Gerbang Tol Ujungjaya.
Tol Cisumdawu/Bisnis
Tol Cisumdawu/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Bos jalan Tol Cisumdawu Jusuf Hamka menargetkan Tol Cisumdawu bisa digunakan penuh hingga Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang pada momentum Lebaran 2023 ini.

Diakuinya, memang ditemui banyak kendala dalam proses finalisasi Tol Cisumdawu Seksi 4-6 hingga Gerbang Tol Ujungjaya. Salah satunya adalah masalah cuaca dimana hujan terus terjadi hampir setiap hari di lokasi pembangunan.

"InshaAllah sampai [lebaran], karena masalahnya ini tergantung alam, cuaca, kalau cuacanya panas seperti tiga hari ini, kita kebut kalau bisa 24 jam," ungkapnya saat ditemui di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis (9/2/2023).

Menurut Hamka, pihaknya bisa saja mengejar waktu penyelesaian konstruksi di tengah cuaca hujan agar cepat tuntas. Hanya saja dia berkomitmen tidak ingin mengurangi mutu konstruksi tol tersebut.

"Perlu menjaga mutu, kalau kita mengejar waktu terus kita korbankan mutu, nanti bakal semacam Purbaleunyi, ini bahaya," jelas dia.

Sementara itu, dia memastikan nantinya hanya akan ada dua rest area di sisi kanan dan kiri jalan tol. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga efektivitas usaha.

"Sementara ada dua kiri kanan, kita sedang mempelajari, karena kalau kita bikin yang terlalu dekat, malah gak efektif jadi lebih baik bikin satu tapi komplit," jelasnya.

Namun, jika memang dibutuhkan lagi rest area, kemungkinan pihaknya akan membuat di dekat twin tunnel (terowongan kembar).

"Nanti 30-40 persen porsi UMKM karena kita tidak memberikan di atas 50 persen, karena nanti di segi pembiayaan tidak akan cukup, nanti ada lah sedikit yang middle height," jelasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper