Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Cianjur: Donasi Berbentuk Uang Terkumpul Rp14 Miliar

Memasuki hari ke-18, warga diizinkan untuk pulang ke rumahnya masing-masing dengan catatan masih layak huni.
Gempa Cianjur
Gempa Cianjur

Bisnis.com, CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur mencatat donasi yang diterima dari berbagai kalangan untuk membantu penanganan bencana gempa Cianjur sejak 21 November hingga 8 Desember mencapai Rp14 miliar lebih dan akan digunakan untuk sejumlah kebutuhan.

Asisten Daerah II Cianjur Arief Purnawan mengatakan donasi Rp14 miliar lebih terdiri atas Rp7.689.454.659 disalurkan oleh 74 instansi pemerintahan, Rp4.628.739.091 disalurkan oleh 122 lembaga, dan Rp1.721.688.984 oleh 553 perorangan.

"Donasi masuk berbentuk uang dengan total Rp14.029.882.734, sudah dibelanjakan untuk sejumlah kebutuhan seperti belanja keperluan dapur umum, jemuran di tempat pengungsian dan untuk pengadaan tenda keluarga pengungsi sebesar Rp3.079.679.00," katanya saat memberikan keterangan pers hari ke-17, Rabu (7/12/2022).

Memasuki hari ke-18, kata Arief, pihaknya sudah mengizinkan warga untuk pulang ke rumahnya masing-masing dengan catatan masih layak huni dan hanya mengalami rusak sedang dan ringan guna mengurangi jumlah warga di posko pengungsian karena pemerintah daerah tidak menyediakan hunian sementara.

Namun, untuk warga korban bencana yang rumahnya rusak tetapi tidak direlokasi akan mendapatkan bantuan sewa rumah sebesar Rp600 ribu setiap bulan sampai proses pembangunan tuntas dilakukan, termasuk untuk warga yang direlokasi akan mendapatkan bantuan yang sama setiap bulannya.

"Pemerintah tidak akan membangun hunian sementara tetapi akan memberikan uang untuk menyewa rumah sampai rumah mereka diperbaiki dan dibangun kembali. Uang sewa akan diberikan setiap bulan selama proses pembangunan berjalan baik warga yang direlokasi maupun tidak," katanya.

Pihaknya akan melaporkan perkembangan donasi yang masuk dan keluar dari berbagai pihak untuk meringankan beban warga Cianjur yang terdampak gempa.

"Kami akan melaporkan semua donasi yang masuk dan keluar secara berkala, setiap penggunaannya akan dilaporkan dan dipantau institusi terkait," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper