Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

MUI Jabar Bakal Keluarkan Surat Edaran Soal Gempa Cianjur Bukan Azab!

Sekretaris Umum MUI Jabar Rafani Achyar mengatakan gempa bumi Cianjur merupakan musibah kebencanaan yang disebabkan oleh alam.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  15:40 WIB
MUI Jabar Bakal Keluarkan Surat Edaran Soal Gempa Cianjur Bukan Azab!
Gempa di Kabupaten Cianjur - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat akan mengeluarkan surat edaran ke MUI kabupaten/kota menegaskan bahwa gempa bumi Cianjur bukan azab.

Sekretaris Umum MUI Jabar Rafani Achyar mengatakan gempa bumi Cianjur merupakan musibah kebencanaan yang disebabkan oleh alam. Sehingga, masyarakat jangan sampai lahir pemikiran atau hoaks bahwa bencana ini disebabkan azab.

"Jangan sekali-kali menyebutkan mereka ini adalah kelompok masyarakat yang sedang di azab oleh Allah SWT," ujar Rafani, Selasa (6/12/2022).

Rafani menjelaskan, peristiwa gempa Cianjur sendiri telah membuat banyak korban jiwa termasuk orang-orang saleh. Sehingga, tidak bisa diartikan bencana alam ini adalah sebuah azab.

"Nanti kami akan memberikan bahan ini juga ya untuk counter opini, hikmah yang harus kita ambil, memang ini bencana datang dari Allah, tapi jangan menyimpulkannya sebagai azab," katanya.

Menurutnya agar pemikiran ini juga tidak muncul dalam kejadian bencana yang lain, MUI Jabar akan membuat surat ederan yang disebarkan melalui MUI yang ada di kabupaten dan kota di Jabar.

"Nantinya tema-tema pengajian atau khutbah dengan mengangkat tema tentang pentingnya memberi pertolongan bantuan kepada saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah itu intinya," ujarnya.

Menurutnya hoaks atau tudingan azab akan membuat psikologis warga terdampak terganggu. MUI meminta semua pihak membangkitkan semangat bahwa Cianjur akan bangkit dan pulih dari bencana. “Kami akan membuat suerat edaran agar masyarakat terbantu psikologisnya,” katanya.

Sedangkan, Manajer Operasional JQR Nizar Ilyasa mengatakan media berperan besar dalam upaya pemulihan korban gempa Cianjur. Menurutnya belajar dari bencana yang terjadi di Jepang, semua pihak bekerjasama membangkitkan optimisme.
“Membantu warga Cianjur optimis itu lebih penting,” katanya.

JQR sendiri memastikan kebutuhan logistik warga di pengungsian sudah terpenuhi. Sementara bantuan dari banyak pihak juga makin berdatangan, salah satunya pemenuhan air bersih dari organisasi di luar negeri.

“Ada bantuan aqua block di posko yang bisa mengcover air minum hingga 10 ribu jiwa. Air keruh pun difilter sudah bisa diminum,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gempa Cianjur
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top