Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disparbud Jabar Dorong Daerah Optimalkan Pariwisata dari Potensi Alam dan Budaya

Disparbud Jabar meminta kabupaten/kota untuk memaksimalkan potensi alam dan budaya yang ada di daerah masing-masing.
Tari Merak yang merupakan budaya khas Jawa Barat.
Tari Merak yang merupakan budaya khas Jawa Barat.

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat meminta kabupaten/kota untuk memaksimalkan potensi alam dan budaya yang ada di daerah masing-masing. Pemanfaatan potensi pariwisata yang baik diyakini akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan selain memanfaatkan potensi ada beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapi serta menghimbau kabupaten/kota untuk membuat kajian teknis di setiap potensi wisata guna dijadikan usulan pengembangan kawasannya.

“Saya yakin potensi-potensi yang dimiliki kabupaten/kota akan menjadi kekuatan kalau diolah secara tepat. Karena itulah rapat ini tak hanya menjadi media silaturahmi, tapi juga momen sinergitas program pembangunan kepariwisataan dan kebudayaan di Jawa Barat,” ujar Kadisparbud dikutip Bisnis, Jumat (28/10/2022).

Disparbud Jabar bersama kabupaten/kota pun saat ini sudah menggelar koordinasi penyusunan data dalam angka pariwisata. Koordinasi ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perkembangan potensi dan kondisi bidang pariwisata maupun budaya di Jawa Barat.

Dalam koordinasi tersebut tiap kabupaten/kota memaparkan data pariwisata dan budaya periode triwulan ketiga tahun 2022. Selain itu juga ada data mengenai jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Nantinya data-data yang terkumpul menjadi bahan informasi Parbud Dalam Angka yang akan dipublikasikan baik secara fisik maupun nonfisik.

“Data yang diinput harus bisa dipertanggungjawabkan. Sebab data-data ini juga menjadi indikator kinerja dari perangkat daerah,”katanya.

Data serta informasi menjadi hal penting dalam setiap bidang termasuk pariwisata dan kebudayaan. Baik data maupun informasi memiliki peranan besar karena dapat menjadi dasar suatu perencanaan, pengambilan keputusan, alat pengendali pelaksanaan kegiatan, serta bahan evaluasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper