Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2022: Ridwan Kamil Tawarkan 750.000 Ha Lahan di Jabar untuk Bisnis Pangan

Ada 750.000 hektare lahan di 27 kabupaten kota yang siap disulap menjadi kebun pangan dan kebutuhan investasi di sektor ketahanan pangan.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Potensi pangan Jawa Barat yang melimpah dijadikan daya tarik oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada investor yang hadir di West Java Investment Summit (WJIS) 2022.

Ridwan Kamil memaparkan soal ketahanan pangan Jabar adalah salah satu daerah di Indonesia bahkan di dunia yang memiliki tanah sangat subur.

"Jawa Barat adalah satu dari sepuluh tanah paling subur di dunia. Menyebabkan bisnis pangan menjadi bisnis yang mudah dan dibutuhkan," katanya di WJIS 2022 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu (5/10/2022).

Menurutnya dari data yang diperoleh, ada 750.000 hektare lahan di 27 kabupaten kota yang siap disulap menjadi kebun pangan dan kebutuhan investasi di sektor ketahanan pangan.

Ridwan Kamil mengatakan jika para undangan melancong ke daerah akan terlihat banyak lahan nganggur yang sebenarnya bisa dimanfaatkan.

"Sayang sekali, maaf ya, kadang-kadang [lahan nganggur] itu pemiliknya BUMN, tapi nggak diapa-apain. Poinnya adalah tanah yang subur di dunia ini tidak diapa-apain," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar menjawab tantangan krisis pangan dan energi lewat penguatan sejumlah sabuk potensi di Jabar bagian selatan dan utara.

Potensi ini dihadirkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar di West Java Investment Summit (WJIS) 2022.

Tema besar WJIS 2022 yakni Green Economy: Food Security and Renewable Energy. Agenda ini akan dihelat pada 5-6 Oktober di Trans Luxury Hotel, Bandung.

Ada 10 proyek investasi ketahanan pangan yang ditawarkan Jawa Barat di WJIS 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper