Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Lalu Lintas di GT Palimanan Cirebon Lancar Setelah Ada Pengalihan Transaksi

General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan sejak diberlakukannya pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya, lalu lintas masih terpantau lancar dan aman.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 25 April 2022  |  20:30 WIB
Kondisi arus lalu lintas di GT Palimanan
Kondisi arus lalu lintas di GT Palimanan

Bisnis.com, CIREBON - Kondisi arus lalu lintas di GT Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terpantau lancar pada Senin (25/4/2022).

Berdasarkan informasi, sepanjang Senin (25/4/2022) hingga sore hari, kendaraan yang melintasi GT Palimanan sebanyak 16.402. Angka tersebut lebih kecil dibandingkan Minggu (24/4/2022), yakni 52.786.

General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan sejak diberlakukannya pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya, lalu lintas masih terpantau lancar dan aman.

"Hal ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan untuk mempercepat waktu tempuh di jalan tol," kata Suyitno melalui pesan tertulis yang diterima Bisnis.com, Senin (25/4/2022). 

Meskipun ada pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya, Astra Tol Cipali memastikan akan tetap memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jalan dengan mengoptimalkan bukaan gardu di Gerbang Tol Palimanan 5 gardu exit dan 4 gardu entrance. 

Pembukaan gardu tersebut, bakal disesuaikan dengan dengan kondisi di lapangan.

Suyitno mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu tertib selama berkendara di Tol Cipali. Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, Astra Tol Cipali selalu mengimbau untuk berkendara dengan batas kecepatan minimal 60 Km/jam dan batas maksimal 100 Km/jam.

"Pada kondisi penghujan batas kecepatan maksimal 70 Km/Jam. Apabila terdapat keadaan darurat, para pengguna jalan dapat menghubungi Traffic Monitoring Center (TMC) ASTRA Tol Cipali pada nomor call center 0260 – 7600 600 dan petugas layanan lalu lintas ASTRA Tol Cipali," katanya.

Astra Tol Cipali bakal melakukan pengalihan transaksi dari gerbang tol Palimanan ke gerbang tol berikutnya seusai intruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya dilakukan untuk mempercepat waktu tempuh selama arus mudik lebaran 2022.

Dicontohkan Agung, bila ada pemudik yang bakal melakukan perjalanan jauh menuju Semarang dan sekitarnya, maka pembayaran tarif untuk Jalan Tol Cipali akan dilakukan di GT Kalikangkung.

"Sebaliknya, untuk pengguna jalan dari arah Trans Jawa yang menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek, maka tarif untuk Jalan Tol Cipali akan dibayarkan di GT Cikampek Utama," kata Agung.

Agung mengatakan, penerapan pengalihan transaksi ini dilakukan mulai  22 April 2022 pukul 06.00 WIB. "Kalau lancar dan tidak ada kendala, maka akan mulai diberlakukan pada 25 April 2022, saat masyarakat mulai melakukan mudik," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran jalan tol cipali
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top