Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Kepuh Kuningan Selesai Direvitalisasi, Pedagang Kini Bisa Promosi Secara Digital

Pedagang di Pasar Kepuh diminta agar menjaga hasil revitalisasi dengan cara promosi dan menciptakan ketertiban, sehingga memberikan kenyaman bagi pembeli yang hadir.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan hasil revitalisasi Pasar Kepuh di Kabupaten Kuningan.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan hasil revitalisasi Pasar Kepuh di Kabupaten Kuningan.

Bisnis.com, KUNINGAN - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan hasil revitalisasi Pasar Kepuh di Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/4/2022).

Dalam peresmian tersebut, pedagang di Pasar Kepuh diminta agar menjaga hasil revitalisasi dengan cara promosi dan menciptakan ketertiban, sehingga memberikan kenyaman bagi pembeli yang hadir.

Selain itu, pedagang pun dituntut bisa melakukan inovasi mempromosikan pasar tradisional di dunia digital.

"Kalau sudah rapih jangan ada yang jualan di luar lagi agar semuanya menjadi tertib. Kemudian promosikan agar ramai sehingga pasar rakyat ini menjadi pasar utama," kata Ridwan Kamil atau Emil.

Semula kumuh, Pasar Kepuh ini dalam kondisi tertata rapi dan memberikan kenyamanan bagi pedagang maupun pembeli.

Tidak hanya itu, pasar yang memiliki daya tampung 62 kios dan 177 los ini, bisa melayani pembayaran secara digital.

"Alhamdulillah ini pasar dananya dari provinsi, nanti jumlah pedagang yang memanfaatkan ada 230 pedagang dan semuanya gratis tinggal bayar kebersihan saja bulanan," kata Emil.

Emil mengatakan, sejumlah pasar di Jawa Barat sudah direvitalisasi oleh pemerintah untuk menghilangkan kesan kumuh.

Hal itu agar menjadikan pasar tradisional menjadi keren yang tetap mempedomani sila kelima dalam Pancasila.

"Terus akan kita bangun di tahun mendatang karena kami meyakini ekonomi sila kelima. Jadi pasar rakyat itu harus keren itulah semangat dari pasar rakyat," kata Emil.

Dinas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, memulai Program Pasar Juara sejak 2019 dan telah menyelesaikan 21 revitalisasi di 18 kab/kota, di mana tiga pasar di antaranya dilakukan dua kali revitalisasi.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan buah dari revitalisasi pasar ini harus menopang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kuningan.

Pasar Kepuh melengkapi tiga revitalisasi pasar rakyat sebelumnya yakni revitalisasi di Pasar Baru, Pasar Siliwangi, dan Pasar Langlangbuana.

"(Empat pasar) Ini bisa menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan untuk menjadi sentra perdagangan di Kabupaten Kuningan," kata Acep.

Bagi Acep, pembangunan Pasar Kepuh ini menjadikan masyarakat lebih menyukai untuk membeli kebutuhan pokoknya di pasar tradisional

"Insyaallah masyarakat lebih suka ke pasar tradisional di tengah maraknya pasar-pasar modern untuk mempertahankan peningkatan perekonomian," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper