Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekranasda Kota Bandung Berkomitmen Dampingi dan Bantu UMKM Berkembang

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung berkomitmen untuk terus mendampingi para UMKM di Kota Bandung untuk terus berkembang.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung kini terus berangsur berkembang pasca dihantam pandemi Covid-19.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung berkomitmen untuk terus mendampingi para UMKM di Kota Bandung untuk terus berkembang.

Sejak 2018-2021 di bawah kepemimpinan Siti Muntamah, Dekranasda berhasil menaikkan pendapatan UMKM melebihi target yang mereka tetapkan.

"Dekranasda memfasilitasi pelaku usaha untuk mampu memasarkan produk. Dari target keuntungan 6M, ternyata melampaui sampai 10M," ungkap Siti, Minggu (6/3/2022).

Untuk periode selanjutnya 2021-2023, Ketua Dekranasda diserahkan kepada Yunimar Mulyana, istri dari Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Siti juga menyampaikan, ia sangat yakin jika amanah Dekranasda diemban oleh Yunimar. Ia berharap, Dekranasda akan semakin bisa mengayomi dan mendorong percepatan ekonomi para UMKM.

"Bertahun-tahun bekerja bersama Bu Yuni, saya tidak ragu jika beliau yang melanjutkan perjuangan dalam menjadi Ketua Dekranasda. Semoga kedepannya, akan semakin banyak program-program baik yang mampu menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Bandung yang baru, Yunimar Mulyana mengucapkan terima kasih kepada Siti Muntamah yang telah mengarahkan Dekranasda Kita Bandung menjadi lebih baik.

"Kami apresiasi setinggi tingginya kepada Umi (Siti Muntamah) yang telah membimbing Dekranasda Kota Bandung semakin solid. Dekranasda memajukan UMKM kota Bandung," katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Iendra Sofyan menuturkan, kegiatan dan program yang dilakukan Dekranasda mampu membuat sisi perekonomian Jawa Barat membaik dan kembali pulih.

"Dekranasda membina para pengrajin hingga bangkit kembali dari keterpurukan ekonomi selama pandemi covid-19 ini. Bahkan, membuat tingkat ekonomi Jawa Barat setara dengan rata-rata nasional," ungkap Iendra.

Di kesempatan yang sama, menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eric M. Attauriq selaku perwakilan Plt. Wali Kota Bandung, acara pisah sambut ini bukan hanya sebuah momentum penyerahan jabatan.

“Momentum ini bukan hanya penyerahan jabatan, tapi juga momentum transformasi pengetahuan dari ketua lama ke ketua baru. Semoga dengan transformasi pengetahuan ini, Ibu Yunimar bisa terus memberdayakan para pengrajin di Kota Bandung," kata Eric.

Apresiasi atas kinerja Dekranasda juga dirasakan betul oleh para UMKM Kota Bandung. Salah satunya Nur Nurainingsih, pengrajin fesyen.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan Dekranasda di masa pandemi sangat membantu para UMKM keluar dari keterpurukan mereka.

"Di saat pebinis dan pengrajin terpuruk kala masa pandemi, Dekranasda melakukan pelatihan dengan mengundang konsumen dari luar negeri. Bahkan, kami juga difasilitasi MoU kepada 10 UKM terbaik,” aku Nur. (34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper