Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Kenaikan Omicron, DPM-Desa Jabar Siap Aktivasi Tempat Isolasi

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM-Desa) Jawa Barat siap mengaktifkan tempat isolasi terpadu (isoter) mengantisipasi kenaikan kasus yang disebabkan virus Covid-19 varian Omicron.
Omicron/ucla.org
Omicron/ucla.org

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM-Desa) Jawa Barat siap mengaktifkan tempat isolasi terpadu (isoter) mengantisipasi kenaikan kasus yang disebabkan virus Covid-19 varian Omicron.

Kepala DPMD Jabar Dicky Saromi mengatakan pihaknya pernah mengkoordinasi pendirian ribuan pusat atau layanan isolasi terpadu. Tempat isoter ini siap diaktifkan kembali.

"Kita on kan lagi isoter," katanya di Bandung, Senin (24/1/2022).

Pihaknya mengaku sudah menggelar rapat dengan Apdesi dan Satgas Covid Jawa Barat yang memutuskan untuk mengaktifkan kembali isoter yang saat kenaikan Covid-19 tahun lalu jumlahnya ada di atas 1.000 isoter.

Namun sebelum proses pengaktivasian berjalan, pihaknya mengimbau agar seluruh aparat desa di Jabar mewaspadai penyebaran varian baru omicron. "Dengan kembali menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujarnya.

Menurutnya sejak kasus Covid-19 varian Delta melandai, penerapan prokes di level desa ikut melonggar. Pihaknya kini bertugas untuk kembali mensosialisasikan agar penerapan prokes kembali ditingkatkan meski omicron masih terdeteksi di wilayah perkotaan.

"Karena kita landai dan kembali abai di sisi prokesnya. Ini yang akan menjadi tugas kita. Kalau urusan kebutuhan isoter itu nanti akan dipenuhi oleh satgas Covid," katanya.

Data mencatat, Jumlah pusat isolasi per Agustus 2021 lalu mencapai 6.799. Sedangkan tempat tidur yang disediakan walaupun terbatas di masa itu tercatat 11.894.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper