Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudah Tidak Zaman Takut Risiko, Generasi Muda Didorong Mulai Berwirausaha

Pemerintah Kota Bandung berkomitmen dan berperan aktif dalam membangunan kepemudaan. Cempor ini merupakan wujud hadirnya pemerintah dalam membantu pemuda agar lebih berkarya dan produktif.
Kick off Cempor 2022
Kick off Cempor 2022

Bisnis.com, BANDUNG - Generasi muda harus berani memulai berwirausaha terutama di era industri 4.0 saat ini. Salah satunya karena di era berbasis internet ini jangkauan pasar akan lebih luas sehingga memberi peluang yang lebih besar.

Demikian tema yang diangkat dalam Kick off Cempor 2022 yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung di aula Gelanggang Generasi Muda (GGM) Kota Bandung, Kamis (13/1/2022).

Diskusi seputar kewirausahaan khususnya di sektor UMKM ini menghadirkan sejumlah pembicara seperti Ridwansyah Yusuf Achmad (Direktur Utama Instrat), Rio F. Wilantara (Komisaris Bank BJB Syariah), Edwin Khadafi, dan Donny (Kios Produk Indonesia).

Yusuf menjelaskan, dunia usaha memang penuh dengan ketidakjelasan. Namun hal ini bukanlah alasan untuk memulai berusaha.

"Dengan berusaha, akan memberikan peluang ekonomi yang lebih besar. Kalau ingin rejeki lebih banyak, harus mau mengambil risiko yang lebih besar," katanya.

Dia pun mengajak generasi muda untuk berani mengambil risiko dan memulai usaha. Terlebih, saat ini jumlah wirausahawan di Indonesia masih sangat sedikit.

"Bisnis mulai saja dulu, jangan kebanyakan mikir. Karena kalau belum gagal, belum tentu bisa inovasi, kreatif. Thomas Alfa Edison berapa kali pecah bohlamnya, sebelum bisa kita rasakan terangnya sekarang," kata dia.

Rio menjelaskan, sektor UMKM menjadi salah satu pilihan usaha terutama bagi pemula. Selain relatif lebih mudah untuk memulainya, sektor inipun terbukti lebih kuat terhadap krisis ekonomi.

"2008 dunia mengalami krisis global. Hanya empat negara yang terbebas krisis, salah satunya Indonesia karena UMKM-nya. Kita dibantu penjual kopi di pinggir jalan, kios, tukang batagor," katanya.

Rio pun mengajak generasi muda yang hendak berwirausaha untuk lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi.

"Teknologi harus jadi tool untuk mengembangkan bisnis," katanya.

Hal serupa disampaikan Edwin yang memulai usahanya dengan modal nol rupiah.

"Semua bisnis saya dimulai dengan uang yang tidak cukup, bahkan tidak ada," katanya.

Oleh karena itu, menurutnya dalam berwirausaha perlu membangun jejaring. "Semua bisa dibantu dengan silaturahmi. Berkolaborasi dengan siapapun," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Edi Marwoto menjelaskan Cempor 2022 ini merupakan programnya untuk meningkatkan kapasitas pemuda di Kota Bandung. "Khususnya untuk peningkatan kapasitas dan daya saing kewirausahan, peningkatan kreativitas dan inovasi," katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Bandung berkomitmen dan berperan aktif dalam membangunan kepemudaan. Cempor ini merupakan wujud hadirnya pemerintah dalam membantu pemuda agar lebih berkarya dan produktif.

"Dispora sebagai lokomotif di sektor kepemudaan berkolaborasi dengan Commpass untuk menggelar Cempor 2022 (Camp Enterpreneur Dispora 2022) dengan tema "Kolaborasi Pelaku Usaha & Pemuda Kreatif dalam Menumbuhkan Semangat Wirausaha Kreatif Kota Bandung," katanya.

Program ini bertujuan menciptakan pemuda tangguh yang memiliki semangat juang dan berbagi, serta meningkatkan kemampuan, kepemimpinan dalam kewirausahaan yang kreatif dan inspiratif.

"Target utama dari program ini adalah untuk melahirkan pemuda-pemudi yang memiliki karya yang berkualitas dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Dari program ini nanti akan lahir 30 orang pengusaha muda yang memiliki karya terbaik," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper