Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Cabai Merah di Purwakarta Naik Rp12.000 per Kilogram

Wita menjelaskan, setiap hari jajarannya terus monitor harga-harga bahan pangan ini. Ada sedikitnya 42 bahan pangan yang dipantau.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 21 Desember 2021  |  14:50 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA - Beberapa item kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta menjelang Natal dan Tahun Baru ini mengalami kenikan harga. Yang paling mencolok, itu kenaikan harga komoditas cabai.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta Wita Gusrianita membenarkan terkait hal itu. Memang, dari hasil pantauannya di pasar tradisional, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan. Bahkan, ada beberapa juga yang turun harga.

"Per hari ini, yang mengalami kenaikan itu salah satunya cabai merah. Seperti yang terpantau di Pasar Citeko, saat ini harganya Rp40.000 dari sebelumnya Rp28.000 per kilogram," ujar Wita kepada Bisnis.com.

Namun, sambung dia, untuk harga komoditas lain terpantau masih cenderung stabil. Justru ada beberapa komoditas yang malah mengalami penurunan harga

Wita menjelaskan, setiap hari jajarannya terus monitor harga-harga bahan pangan ini. Ada sedikitnya 42 bahan pangan yang dipantau. Adapun 42 bahan pangan itu, sambung dia, di antaranya beras, komoditas bawang, komoditas cabai dan sayuran lainnya. Termasuk, telur, daging ayam, daging sapi, ikan asin.

Dia merinci, hasil pantauannya di Pasar Citeko Plered sebagai contohnya, untuk harga bawang merah misalnya. Per tanggal 21 Desember ini, harganya berada di kisaran Rp20.000 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk bawang putih ada penurunan harga dari yang tadinya Rp26.000 per kilogram, saat ini jadi Rp24.000 per kilogram.

"Kalau untuk komoditas sayuran lainnya, cenderung stabil. Misalnya, untuk harga tomat itu masih di angka Rp8.000 per kilogram. Kemudian, kol Rp6.000 per kilogram," jelas dia.

Adapun untuk harga bahan pangan, misalnya beras jenis prmium itu harganya masih di angka Rp10.000 per kilogram. Kemudian, untuk beras medium atau kwalitas dua dibandrol Rp9.000 per kilogram. Sedangkan, untuk daging sapi lokal masih di angka Rp120.000 per kilogram.

"Kalau telur ayam ras itu ada kenaikan Rp2.000, yang tadinya Rp26.000 per kilogram saat ini Rp28.000 per kilogram. Minyak goreng curah Rp 19.000 perkilogram. Sedangkan, untuk daging ayam ada penurunan Rp1.000, yang tadinya Rp36 per kilogram sekarang Rp35.000 per kilogram.

Dia menambahkan, dari harga-harga komoditas hasil pertanian cabai rawit merah tetap merajai. Saat ini, kata dia, harga cabai rawit merah dibandrol Rp100.000 per kilogram. Sedangkan, untuk komoditi perikanan dan peternakan ikan asin sepat saat ini merajai daftar harga. Yakni, Rp140.000 perkilogram atau lebih mahal dari harga daging sapi. (K60)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga cabai purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top