Idulfitri ke-2 di Masa Pandemi, Wali Kota Bandung Ajak Warga Pupuk Ketakwaan

Berpakaian koko putih dibalut jas hitam, serta kopiah hitam lengkap dengan masker, Oded memimpin langsung salat berjemaah pada pukul 6.45 WIB.
Wali Kota Bandung Oded M Danial beserta keluarga melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di Halaman Pendopo Kota Bandung
Wali Kota Bandung Oded M Danial beserta keluarga melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di Halaman Pendopo Kota Bandung

Bisnis.com, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Oded M Danial beserta keluarga melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di Halaman Pendopo Kota Bandung, Kamis (13/5/2021).

Berpakaian koko putih dibalut jas hitam, serta kopiah hitam lengkap dengan masker, Oded memimpin langsung salat berjemaah pada pukul 6.45 WIB. Pelaksanaan salat Id hanya diikuti keluarga inti beserta staf di Rumah Dinas Wali Kota.

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, setiap jemaah yang hadir membawa alat salat masing-masing. Pelaksanaannya pun berlangsung khidmat dan singkat.

Usai memimpin salat, Oded menyampaikan khotbah tentang hikmah yang bisa dipetik dari bulan suci Ramadan.

Di antaranya nikmat dan lezatnya mentadaburi Alquran, menunggu berbuka puasa, serta dituntut menjadi muslim yang lebih sabar.

“Karena ini tahun kedua di masa pandemi Covid-19, kita harus sabar atas ujian yang diberikan Allah. Kita harus lebih sabar menjalankan prokes,” ucapnya.

Menurut Oded, selalu ada sisi positif yang bisa dipetik dari setiap musibah atau cobaan yang diberikan Allah. Namun itu semua tergantung cara menyikapinya.

“Tak ada yang sia-sia, tergantung dari cara kita mengambil hikmah dibalik musibah Covid-19 ini,” imbuhnya.

Di momen Idulfitri ini, Oded meminta masyarakat lebih bisa menahan diri dan membatasi kegiatan guna meminimalisir kerumunan. Pasalnya, hingga kini Covid-19 masih mengintai.

Di saat tradisi halal bihalal tidak dibolehkan, warga bisa memanfaatkan teknologi komunikasi untuk tetap menjalin silaturahmi dengan sanak saudara.

Sementara ziarah kubur masih diperkenankan namun tetap mengedepankan prokes.

Terakhir Oded menyampaikan, di hari yang fitri ini umat muslim telah meraih kemenangan. Yaitu keberhasilan melaksanakan perintah Allah, telah berlaku jujur, memperbaiki kualitas ibadah, serta menjadi orang yang bertakwa.

“Saya ingin mengingatkan bahwa ketakwaan harus terus dipupuk dengan melakukan berbagai kebaikan dan menghindari keburukan,” pintanya.

“Pribadi yang takwa sebagai hasil pendidikan Ramadan akan terlihat dalam sebelas bulan lainnya dalam kehidupan kita,” tuturnya. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper