Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Karawang Bangun 10 Unit TPS3R untuk Mengolah Sampah

Pemkab Karawang membangun 10 unit tempat pembuangan sampah reuse reduce dan recycle (TPS3R) yang tersebar di enam kecamatan.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 12 April 2021  |  20:26 WIB
Peresmian TPS3R Baraya Runtah di Desa Sukaluyu Kabupaten Karawang
Peresmian TPS3R Baraya Runtah di Desa Sukaluyu Kabupaten Karawang

Bisnis.com, KARAWANG - Pemkab Karawang membangun 10 unit tempat pembuangan sampah reuse reduce dan recycle (TPS3R) yang tersebar di enam kecamatan.

Satu unit TPS3R mampu mengolah 50 ton sampah setiap harinya. Dengan demikian, tumpukan sampah yang tak bisa terangkut armada diharapkan bisa terminimalisasi.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan pihaknya optimis jika pengelolaan sampah di Karawang bisa teratasi denga‎n maksimal. Saat ini sudah ada 10 TPS3R yang nantinya mampu mengolah sampai sebanyak 500 ton per harinya.

"TPS3R ini merupakan fasilitas untuk pengumpulan, pemilahan serta pendauran ulang sampah agar dapat dimanfaatkan kembali," ujar Cellica, saat meresmikan TPS3R Baraya Runtah di Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur, Senin (12/4/2021).

Pihaknya optimis, jika pengelolaan sampah melalui TPS3R ini bisa dikelola dengan baik sehingga permasalahan sampah dapat teratasi. Selain itu, lanjut Cellica, pihaknya berencana membuat peraturan bagi pengembang perumahan agar memiliki TPS3R sendiri.

"Saya sangat mendukung program ini. Makanya nanti kita rumuskan agar perumahan, tempat wisata, pasar dan supermarket memiliki TPS3R sendiri," ujarnya. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karawang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top