Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Karawang akan Jadikan Makam Syekh Quro Sebagai Destinasi Wisata Religi

Pemkab Karawang berencana merevitalisasi kompleks makam Syekh Quro, yang berada di Kampung Pulo Bata, Desa Pulo Kalapa, Kecamatan Lemah Abang.
Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh (tengah)
Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh (tengah)

Bisnis.com, KARAWANG - Pemkab Karawang berencana merevitalisasi kompleks makam Syekh Quro, yang berada di Kampung Pulo Bata, Desa Pulo Kalapa, Kecamatan Lemah Abang.

Kompleks makam tersebut digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata religi mengingat selama ini banyak peziarah datang ke makam tersebut.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengatakan saat ini sedang dilakukan pembahasan dalm rangka penataan tata ruang dan revitalisasi makam Syekh Quro. Kompleks makam itu ke depan akan ditata sehingga bisa jadi lebih baik lagi.

"Kami sudah membahas dengan instansi terkait, yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bappeda, Dinas Perhubungan serta Dinas PUPR," ujar Aep, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Jumat (19/3/2021).

Untuk dijadikan destinasi wisata, maka aspek penunjangnya perlu diperbaiki. Salah satunya, akses jalan menuju lokasi. Karenanya, lanjut Aep, pihaknya meminta Dinas PUPR untuk segera mengambil langkah-langkah untuk mendukung rencana ini.

Selain perbaikan infrastruktur, juga diharapkan akses jalan dan gerbang utama atau pintu masuk ke lokasi makam Syekh Quro dibangun dengan sebaik mungkin. Supaya, para peziarah maupun pengunjung makam merasa nyaman.

Menurut Aep, pada 2019 lalu, Pemkab Karawang sudah mengusulkan ke Pemprov Jabar terkait revitalisasi komplek makam itu. Tujuannya, supaya ada bantuan dari provinsi.

"Tapi, sampai saat ini belum ada sinyalemen. Jadi, rencana revitalisasi ini bukanlah hal yang baru," ujarnya.

Komplek makam Syekh Quro ini cukup populer bagi kalangan peziarah. Peziarah yang datang, tak hanya dari Karawang melainkan dari luar wilayah dan dari luar Jabar. Akan tetapi, kondisinya perlu penataan yang profesional. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper