Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan QRIS DigiCash, Anne: Memberikan Kemudahan Transaksi Saat Pandemi

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi terobosan Bank Indonesia dalam mengakselerasi digitalisasi perbankan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi terobosan Bank Indonesia dalam mengakselerasi digitalisasi perbankan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Hadirnya layanan ini bukan hanya membantu perekonomian, namun juga bisa turut memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami tentu sangat mendukung kebijakan ini. Karena, saat ini digitalisasi adalah hal yang terpenting dalam mendukung mobilitas masyarakat,” ujar Anne, Kamis (25/2/2021).

Anne menjelaskan, Purwakarta merupakan kabupaten kecil kedua di Jawa Barat dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Di wilayahnya, kata dia, ada sekitar 80.000 pelaku usaha. Dari jumlah tersebut, 60.000 di antaranya sudah terverifikasi.

“Dari jumlah yang terverifikasi ini, sekitar 40.000 di antaranya merupakan pelaku UMKM yang sudah mendapatkan stimulan dari pemerintah. Artinya, potensi penggunaan QRIS masih sangat besar di Purwakarta. Dan kami mendukung penuh QRIS yang memberikan kemudahan dan rasa aman dalam bertransaksi,” jelas dia.

Di tempat sama, Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB Suhartini menyebutkan seharusnya sudah ada perubahan percepatan digitalisasi dalam aktivitas sehari-hari, terlebih pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) seperti sekarang ini.

“Bank BJB bersama-sama dengan pemerintah daerah bersinergi memajukan perekonomian di Kabupaten Purwakarta. Termasuk dalam pemulihan ekonomi pada masa AKB ini. Satu di antaranya dengan memberikan kemudahan bertransaksi touchless [tanpa bersentuhan] melalui QRIS,” ujar Suhartini.

Menurutnya, QRIS tak hanya memberikan kemudahan dalam bertransaksi tapi juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Jadi, saat ini tak perlu khawatir lagi apabila dompet tertinggal, cukup memanfaatkan gawai untuk bertransaksi touchless.

Lebih lanjut Suhartini menyebutkan, saat ini Bank BJB telah mengakuisisi ekosistem Grab dan merchant UMKM di Purwakarta. Ke depan, pihaknya berkomitmen untuk mengakuisisi ekosistem-ekosistem lainnya untuk memanfaatkan QRIS tersebut. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper