Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Layanan QRIS DigiCash, Anne: Memberikan Kemudahan Transaksi Saat Pandemi

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi terobosan Bank Indonesia dalam mengakselerasi digitalisasi perbankan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  15:52 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi terobosan Bank Indonesia dalam mengakselerasi digitalisasi perbankan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Hadirnya layanan ini bukan hanya membantu perekonomian, namun juga bisa turut memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami tentu sangat mendukung kebijakan ini. Karena, saat ini digitalisasi adalah hal yang terpenting dalam mendukung mobilitas masyarakat,” ujar Anne, Kamis (25/2/2021).

Anne menjelaskan, Purwakarta merupakan kabupaten kecil kedua di Jawa Barat dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Di wilayahnya, kata dia, ada sekitar 80.000 pelaku usaha. Dari jumlah tersebut, 60.000 di antaranya sudah terverifikasi.

“Dari jumlah yang terverifikasi ini, sekitar 40.000 di antaranya merupakan pelaku UMKM yang sudah mendapatkan stimulan dari pemerintah. Artinya, potensi penggunaan QRIS masih sangat besar di Purwakarta. Dan kami mendukung penuh QRIS yang memberikan kemudahan dan rasa aman dalam bertransaksi,” jelas dia.

Di tempat sama, Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB Suhartini menyebutkan seharusnya sudah ada perubahan percepatan digitalisasi dalam aktivitas sehari-hari, terlebih pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) seperti sekarang ini.

“Bank BJB bersama-sama dengan pemerintah daerah bersinergi memajukan perekonomian di Kabupaten Purwakarta. Termasuk dalam pemulihan ekonomi pada masa AKB ini. Satu di antaranya dengan memberikan kemudahan bertransaksi touchless [tanpa bersentuhan] melalui QRIS,” ujar Suhartini.

Menurutnya, QRIS tak hanya memberikan kemudahan dalam bertransaksi tapi juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Jadi, saat ini tak perlu khawatir lagi apabila dompet tertinggal, cukup memanfaatkan gawai untuk bertransaksi touchless.

Lebih lanjut Suhartini menyebutkan, saat ini Bank BJB telah mengakuisisi ekosistem Grab dan merchant UMKM di Purwakarta. Ke depan, pihaknya berkomitmen untuk mengakuisisi ekosistem-ekosistem lainnya untuk memanfaatkan QRIS tersebut. (K60)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top