Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PJT II Jatiluhur Targetkan Zero Accident di Lingkungan Perusahaan

Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur berupaya meminimalisasi terjadi kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan atau zero accident.
Peringatan Bulan K3 di Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur/Istimewa
Peringatan Bulan K3 di Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur/Istimewa

Bisnis.com, PURWAKARTA – Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur berupaya meminimalisasi terjadi kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan atau zero accident. Salah satu upayanya, yakni dengan memaksimalkan penerapan budaya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso mengatakan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja sifatnya sangat penting. Karena sifatnya penting, maka harus terus digaungkan dan diingatkan lagi. Supaya, para karyawan terus memacu diri untuk lebih meningkatkan lagi keselamatannya dalam bekerja.

“Penerapan budaya K3 menjadi sebuah keharusan bagi para pekerja termasuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Kami berharap, seluruh karyawan bisa terus meningkatkan kesadaran terhadap K3,” ujar Imam dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Jumat (12/2/2021).

Menurut dia, semakin tinggi kesadaran akan K3 maka dampaknya sangat positif, baik untuk karyawan itu sendiri, lingkungan kerja maupun perusahaan secara keseluruhan. Di masa pandemi dan era new normal ini, pihaknya juga berpesan supaya para pekerja bisa terus sehat, selamat dan aman dengan tetap menerapkan K3 dan mematuhi protokol kesehatan guna menjaga perusahaan tetap produktif.

Imam menjelaskan, selama ini ada beberapa tingkatan mengenai kesadaran terhadap keselamatan dalam bekerja. Tingkatan yang paling rendah, yaitu memakai perangkat keselamatan karena takut aturan atau takut dimarahi sama pimpinan.

“Penerapan K3 bukan lagi sebatas aturan atau takut pimpinan. Tapi sudah jadi kebutuhan,” imbuh dia.

Guna menggelorakan kembali semangat untuk menerapkan K3 ini, lanjut dia, perusahaannya menggelar lomba penerapan budaya K3 di seluruh unit kerja. Lomba tersebut, berlangsung dari mulai 26-28 Januari, atau bertepatan pada momentum bulan K3 Nasional Tahun 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Rahmat Taufik Gardasi menambahkan semangat bulan K3 harus terus digalakkan dalam rangka membudayakan K3 di seluruh lingkungan kerja. Karena, K3 merupakan kunci penting keberhasilan usaha dan perlindungan kerja untuk menciptakan kerja yang aman, sehat, dan meminimalisasi resiko kecelakaan kerja.

“Kami berharap, PJT II bisa mengajak seluruh pekerja dan mitra kerja untuk tetap dan terus menggelorakan pentingnya budaya K3. Tidak hanya terkait dengan sarana dan prasarana juga dengan sistem manajemen K3,” ujarnya singkat. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper