Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Sumedang Siapkan 2 Opsi Relokasi Korban Longsor Cimanggung

Pemerintah Kabupaten Sumedang sudah menyiapkan opsi tempat untuk relokasi warga yang terdampak bencana longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung beberapa waktu lalu.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  18:50 WIB
Permukiman di Kabupaten Sumedang - Bisnis
Permukiman di Kabupaten Sumedang - Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang sudah menyiapkan opsi tempat untuk relokasi warga yang terdampak bencana longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung beberapa waktu lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan ada 131 kepala keluarga (KK) terdampak bencana tersebut. Sebanyak 90 dari perumahan Satria Bumintara Gemilang dan 41 lainnya warga Dusun Bojong Kondang.

"Opsi pertama, relokasi akan ditempatkan di Desa Tegalmanggung. Nanti, pembangunan rumahnya, juga fasos fasumnya akan dibackup kementerian," kata Herman seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Sumedang, Rabu (20/1/2021).

Meski begitu, pilihan lokasi Tegalmanggung memiliki jarak cukup jauh dari rumah warga terdampak. Dikhawatirkan, sebagian korban bencana longsor enggan tidak tinggal di sana.

Sementara untuk opsi kedua, pemerintah daerah bekerjasama dengan Asosiasi Perumahan Nasional (Asprumnas) yang menyediakan Perumahan El Hago di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan.

Herman mengatakan, di lokasi tersebut, ada 200 kapling, sehingga 131 KK yang menjadi korban pun bisa mendapatkan hunian baru. Namun, setiap KK harus mengeluarkan biaya pembangunan sebesar Rp150 juta.

"Kami akan mencoba menganalisis skema mana yang akan dipilih untuk merelokasi dan diusulkan ke pemerintah pusat," katanya.

Selain menyebabkan 40 orang meninggal dunia, longsor yang terjadi beberapa waktu lalu itu meratakan 20 unit rumah, 26 rumah rusak berat, 3 rusak sedang, 350 unit berisiko rusak, dan satu unit masjid rusak sedang.

Saat ini, warga terdampak mengungsi disejumlah titik, yakni di zona Cipareuag untuk warga Bojongkondang, zona SBG untuk warga yang terancam longso, dan zona Madrasah Az-Zahra bagi warga yang terkena banjir.

Jumlah pengungsi sampai saat ini mencapai angka 1.126 jiwa dari 314 KK. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top