Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil: Saya akan Selalu Jaga Pancasila

Masih dalam semangat peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang jatuh pada 19 Desember 2020, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaknainya sebagai fondasi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Masih dalam semangat peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang jatuh pada 19 Desember 2020, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaknainya sebagai fondasi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menjelaskan, bela negara merupakan alat untuk mencapai tujuan cita-cita bangsa dengan menjunjung tinggi dan mengamalkan Pancasila.

Sebagai landasan prioritas bela negara, nilai-nilai Pancasila itulah yang menjadi fondasi dalam pembangunan SDM unggul di berbagai bidang.

“Saya akan selalu jaga Pancasila. Radikalisme harus dilawan. Keadilan harus dibela. Dulu kakek saya dipenjara Belanda dan dimusuhi DI TII, Pakde saya meninggal dibunuh PKI. NKRI dan Pancasila adalah jalan ninja keluarga kami," ucap Kang Emil, Selasa (22/12/2020).

Di tengah pandemi global Covid-19 saat ini, bela negara juga bisa dilakukan masyarakat dengan membantu penanganan pandemi, termasuk dengan mengikuti arahan pemerintah.

“Itulah makna bela negara yang sebenarnya dengan membela negara kita jangan sampai kesusahan dengan taat pada pemimpin, termasuk dalam membantu ketika penanganan pandemi Covid-19,” kata Kang Emil.

Selain itu, menurut Kang Emil, bela negara di masa pandemi Covid-19 bisa dilakukan dengan mengerahkan kemampuan yang dimiliki. Ia pun menegaskan, pandemi Covid-19 ibarat perang yang harus dilawan dan diatasi bersama-sama, tidak hanya soal urusan pemerintah.

“Apabila mempunyai ilmu bela negara dengan ilmu, yang punya harta bela negara dengan harta, yang punya tenaga bela negara dengan menjadi relawan. Saya bela negara dengan kebijakan,” ucap Kang Emil.

“Masyarakat pun harus digugah bela negaranya, minimal kalau tidak punya harta dan ilmu dalam perang Covid-19 ini, jangan jadi korban perang. Jauhi musuh dengan jurus 3M,” tuturnya.

3M yang dimaksud yakni protokol kesehatan Covid-19: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper