Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operasional Perdana Pelabuhan Patimban, Ridwan Kamil: Takdir yang Luar Biasa

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bangga dengan soft launching dan operasional perdana Pelabuhan Patimban, Subang yang dipimpin Presiden Joko Widodo pada Minggu (20/12/2020).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat soft launching Pelabuhan Patimban, Subang, hari ini/Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat soft launching Pelabuhan Patimban, Subang, hari ini/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bangga dengan soft launching dan operasional perdana Pelabuhan Patimban, Subang yang dipimpin Presiden Joko Widodo pada Minggu (20/12/2020).

Ridwan Kamil mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Rakyat Jawa Barat pihaknya mengucapkan terima kasih pada Presiden Jokowi yang bisa menghadirkan pelabuhan bertaraf internasional di wilayah Jawa Barat.

“Atas nama Rakyat Jawa Barat kami mengucapkan terima kasih atas takdir yang luar biasa ini di tanah Jawa Barat,” katanya dalam sambutan.

Ridwan Kamil melansir pada Presiden bahwa Patimban akan menjadi cikal bakal sebuah kawasan regional Metropokitan Rebana yang memiliki 13 kota industri baru. Patimban menurutnya akan menjadi kota maritim yang dihuni 1 juta penduduk dalam beberapa waktu ke depan.

“Dalam 30 tahun akan sukses jadi kota dan kawasan pelabuhan luar biasa. Kawasan kota Bekasi butuh 30 tahun. Insyaallah di hari ini kita akan menyaksikan cikal bakal kesuksesan bersama,” ujarnya.

Pihaknya juga memprediksi dalam 15 tahun ke depan, Patimban dan Rebana Metropolitan akan memberikan 4,3 juta lapangan pekerjaan. Dan juga pertambahan pertumbuhan ekonomi sampai 4 persen untuk Jawa Barat dan Indonedia.

“Saya mendoakan diberi kelancaran semua urusan kita. Kami akan terus mendukung pembangunan tahap-tahap selanjutnya. Dan konsep Bapak [Presiden] sistem koridor Jawa Bagian Utara disukseskan oleh Patimban,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi memimpin dan membuka soft launching Pelabuhan Patimban, Subang pada Minggu (20/12/2020).

Soft launching sekaligus ditandai dengan pelepasan ekspor perdana 140 unit mobil Toyota, Daihatsu dan Suzuki dengan kapal NV Suzuka Ekspress tujuan Brunei Darusalam.

Hadir dalam soft launching dan pengoperasian ekspor perdana tersebut Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil serta Bupati Subang Ruhimat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper