Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Panjang, Calon Penumpang Kereta Harus Rapid Test Sehari Sebelum Keberangkatan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon mengimbau calon penumpang pada libur panjang pekan ini, untuk tes rapid paling lambat satu hari sebelum pemberangkatan.
Calon penumpang kereta api menunjukkan kode booking keberangkatan untuk mengikuti rapid test di stasiun Cirebon/Bisnis-Hakim Baihaqi
Calon penumpang kereta api menunjukkan kode booking keberangkatan untuk mengikuti rapid test di stasiun Cirebon/Bisnis-Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon mengimbau calon penumpang pada libur panjang pekan ini, untuk tes rapid paling lambat satu hari sebelum pemberangkatan.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, mengatakan, bila dilakukan secara mendadak, dikhawatirkan calon penumpang harus mengantre dahulu dan tertinggal oleh kereta berdasarkan jadwal yang diinginkan.

"Tercatat pada 24 dan 25 Oktober 2020, layanan rapid di Stasiun Cirebon Kejaksan dan Cirebon Prujakan rata-rata melayani hingga sekitar 100 calon penumpang yang melakukan tes rapid. Jumlah tersebut meningkat dibanding hari sebelumnya," kata Luqman di Kota Cirebon, Senin (26/10/2020).

Luqman mengatakan, calon penumpang diharapkan dapat mengatur waktu pemberangkatan dan menyiapkan rentang waktu untuk tes rapid.

Di Daop 3 Cirebon, layanan rapid tes bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Cirebon Kejaksan dan Stasiun Cirebon Prujakan dengan jam operasional pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB serta biaya sebesar Rp85.000.

Persyaratan yang harus dilakukan calon penumpang, menunjukkan kode booking tiket yang telah terbayar lunas. Penumpang reaktif, tidak diperbolehkan melakukan perjalanan.

"Akan dilakukan pengembalian bea 100% diluar bea pesan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut," katanya.

Pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW, dan cuti bersama akhir pekan, PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan sebanyak 53 kereta api (KA) ke berbagai daerah.

Peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang disediakan. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh tersedia sebanyak 221.193 kursi, naik 13% dibanding masa sebelumnya sebanyak 195.211 kursi.

Tiket KA libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW ini, sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Selain itu, jika melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

KA favorit masyarakat yang dapat dipesan saat libur panjang ini diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp, dan KA Tegal Ekspres relasi Tegal – Pasar Senen.

Untuk informasi terkait perjalanan KA pada libur panjang ini, Anda dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email [email protected], dan media sosial KAI 121. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper