Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Kelompok Wirausaha Pelajar di Bandung Unjuk Kepiawaian Kelola Bisnis di Tengah Pandemi

Pelajar dari lima SMA/SMK di Bandung dan Bandung Barat bersaing menunjukkan kepiawaian mengelola usaha mikro berorientasi lingkungan dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2020. 
Salah satu peserta Regional Student Company Competition 2020.
Salah satu peserta Regional Student Company Competition 2020.

Bisnis.com, BANDUNG -- Pelajar dari lima SMA/SMK di Bandung dan Bandung Barat bersaing menunjukkan kepiawaian mengelola usaha mikro berorientasi lingkungan dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2020. 

Kegiatan ini diselenggarakan secara daring oleh Citi Indonesia (Citibank) dengan dukungan dari Citi Foundation, melalui payung seluruh kegiatan CSR-nya Citi PeKa (Peduli dan Berkarya), bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan kinerja dari eco-business yang dikembangkan kepada enam juri dari kalangan profesional bisnis. Kelima sekolah tersebut, antara lain SMAN 1 Cisarua, SMAN 10 Bandung, SMAN 11 Bandung, SMK Pariwisata Telkom Bandung, dan MA Multiteknik Asih Putera.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A Anjungsari menuturkan bisnis yang diinisiasi oleh generasi muda Indonesia belakangan ini semakin menunjukkan tren yang positif.

"Meningkatnya minat berwirausaha ini perlu diikuti dengan kesadaran untuk mengelola bisnis secara bertanggungjawab," kata Puni, Minggu (2/8/2020).

Melalui program Youth Ecopreneurship Initiative yang menyasar pelajar SMA/SMK, Citi Indonesia bersama PJI berupaya untuk memberikan pembelajaran praktis berwirausaha sekaligus menanamkan pentingnya membangun bisnis yang tidak hanya memprioritaskan profit, tetapi juga berorientasi untuk menjaga lingkungan.

"Kolaborasi ini juga dilakukan untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mendorong lahirnya wirausaha muda baru di Indonesia," kata Puni.

Menurutnya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Cambridge Assessment International Education pada tahun 2019 menunjukkan pelajar Indonesia berusia 13-19 tahun memiliki minat dan perhatian yang besar pada isu global terkait lingkungan. Sebanyak 21% pelajar meyakini polusi (termasuk sampah plastik) adalah masalah terbesar yang dihadapi dunia saat ini.

Selain itu, sebagian besar generasi muda Indonesia (93%) sangat bersemangat untuk menangani masalah ini dan telah melakukan aksi nyata, seperti mengubah gaya hidup yang berdampak pada lingkungan. Indikasi ini semakin menegaskan komitmen Citi Indonesia untuk menyediakan wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan semangat menjaga lingkungan dengan mengembangkan sebuah bisnis yang akhirnya memberikan manfaat ekonomi bagi mereka sendiri.

Sementara itu, Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner menyebut dalam enam tahun, kemitraan antara PJI dengan Citibank telah sukses memberikan manfaat melalui edukasi kewirausahaan kepada lebih dari 54.000 pelajar dari 164 SMA dan SMK di Indonesia.

Ide dan kinerja bisnis mereka yang dipresentasikan menunjukkan kemampuan para pelajar dalam mengelola bisnis sekaligus kepekaan mereka dalam menyikapi perubahan perilaku konsumen yang juga semakin peduli terhadap lingkungan.

"Kami berharap pengalaman yang diperoleh dari program ini dapat terus menginspirasi generasi muda untuk menciptakan lebih banyak bisnis baru yang menerapkan konsep keberlanjutan di masa depan," kata Robert.

Salah satu usaha mikro binaan program Youth Ecopreneurship Initiative adalah Hizz Student Company dari SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat. Bisnis yang dikelola oleh 29 pelajar ini menawarkan Hizz Shoes, sepatu unik yang memanfaatkan potongan kain perca sebagai bahan baku.

Corak beragam yang dimiliki setiap kain perca memberikan kesan eksklusif bagi setiap pasang sepatu. Gagasan bisnis ini datang dari keprihatinan para pelajar terhadap banyaknya limbah tekstil di kawasan Bandung. Proses produksi sepatu juga dilakukan dengan melibatkan pengrajin rumahan di wilayah Cibaduyut yang mengalami penurunan pendapatan akibat maraknya sepatu impor di pasaran. Selama lima bulan beroperasi, Hizz Student Company berhasil meraup penjualan hingga lebih dari Rp10 juta.

Regional Student Company Competition merupakan bagian dari program edukasi ‘Youth Ecopreneurship Initiative’ yang didukung secara penuh oleh Citi Foundation.

Melalui program ini, para pelajar dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan.

Di awal program, para pelajar telah mendapatkan pembekalan dari sejumlah profesional bisnis melalui kegiatan Youth Entrepreneur Camp. Selama periode program, proses pendampingan bisnis secara intensif dan berkelanjutan juga diberikan oleh mentor PJI dan karyawan Citibank yang tergabung dalam Citi Volunteers.

Lebih lanjut, Robert menuturkan generasi muda saat ini memiliki pengalaman yang tidak dialami oleh pengusaha manapun dimana mengalami krisis global, yakni Pandemi Covid-19.

Menurutnya, Pandemi Covid-19 memang berdampak sangat sistematis. Namun di sisi lain, kondisi ini secara tidak langsung menempa para generasi muda yang tengah mengembangkan bisnisnya di kondisi paling sulit.

"Sehingga mereka mendapatkan pelajaran bagaimana menghadapi Pandemi Covid-19 ini," jelasnya.

Hal senada diungkapkan Jaya Panggabean. Menurutnya dalam proses kompetisi ini, pihaknya juga memberikan motivasi dan juga pelatihan bagaimana para pelajar bisa terus konsisten dalam menjalankan bisnisnya di tengah pandemi.

"Tidak ada satu pun di dunia ini yang menyangka akan terjadi Pandemi Covid-19 di tahun 2020. Maka kita akan beri mereka motivasi untuk bisa konsisten," jelasnya.

Kelima sekolah saat ini bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Bandung’ dalam kompetisi ini. Satu sekolah terbaik akan mewakili Jawa Barat untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company of the Year Competition 2020, yang akan diselenggarakan pada Oktober mendatang. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper