Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantap, Jabar Segera Miliki Mobile Combat Covid-19

Kehadiran mobil keliling untuk pengetesan metode PCR ini pun menjadi salah satu upaya Jabar untuk mengejar rasio pengetesan Covid-19 dan jumlah warga di angka 300 ribu orang.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau Mobile Combat Covid-19/Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau Mobile Combat Covid-19/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG — Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Mobile Combat Covid-19 dari PT Aria Puspa Nusantara sebagai distributor tunggal fasilitas tes metode Polymerase Chain Reaction (PCR) mobile di Jabar.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- mengatakan, Jabar saat ini sedang mengejar testing (pengetesan), tracing (pelacakan), dan trust (kepercayaan) dari warga terutama dalam kegiatan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB).

Kehadiran mobil keliling untuk pengetesan metode PCR ini pun menjadi salah satu upaya Jabar untuk mengejar rasio pengetesan Covid-19 dan jumlah warga di angka 300 ribu orang. Hingga kini, sudah dilakukan pengetesan terhadap 65 ribu orang melalui metode PCR dan 158 ribu orang lewat Rapid Diagnostic Test (RDT).

“Jawa Barat sedang mengejar sebanyak-banyaknya testing, tracing, dan tentunya mendapatkan trust dari warga bahwa selama AKB jumlah rasio penduduk Jawa Barat yang dites banyak,” ujar Kang Emil, Rabu (24/6/2020).

Kang Emil menambahkan, Mobile Combat Covid-19 ini memiliki metode yang lebih sederhana dari Biosafety Level-2 (BSL-2) dan BSL-3 namun tetap memiliki tingkat akurasi pengetesan sesuai standar.

Pihaknya pun akan membeli mobil PCR keliling yang mampu memberikan hasil pengetesan dalam waktu 40 menit itu dengan harapan meningkatkan kewaspadaan Jabar terhadap penyebaran Covid-19.

“Mudah-mudahan kemudahan (fasilitas pengetesan) ini bisa memperkuat kewaspadaan Jawa Barat selama proses Adaptasi Kebiasaan Baru," kata Kang Emil.

"Dan kami akan mencoba menghitung (biaya) untuk kita beli, sehingga ke depan kita punya aset pengetesan seperti ini di level kota/kabupaten,” tuturnya.

Direktur PT Aria Puspa Nusantara Tuti Turimayanti mengatakan, sebagai perusahaan distributor tunggal PCR mobile satu-satunya di Jabar, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jabar yang telah memberikan kesempatan untuk mempresentasikan alat PCR mobile dan Mobile Combat Fast LAB.

Tuti menuturkan bahwa mobil tersebut sudah diujicobakan di Jabar pada Sabtu, 20 Juni lalu, saat operasi gabungan di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar.

"Kelebihan Mobile Combat Covid-19 ini memiliki empat alat pengetesan PCR portabel sekaligus dapat memeriksa 250 sampel per hari. Kelebihan alat PCR buatan Korea Selatan tersebut memiliki tingkat akurasi hingga 99,99 persen," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper