Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tempat Wisata di Sumedang Bakal Diperbolehkan Beroperasi Kembali Sesuai SOP

Pemerintah Kabupaten Sumedang berencana membuka sejumlah tempat wisata menjelang pelaksanaan tatanan kenormalan baru atau new normal di Kabupateng Sumedang.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Sumedang berencana membuka sejumlah tempat wisata menjelang pelaksanaan tatanan kenormalan baru atau new normal di Kabupateng Sumedang.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengatakan bahwa pihaknya kini tengah mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi tempat wisata akan beroperasi saat Sumedang menerapkan new normal.

SOP tersebut akan merujuk pada protokol kesehatan sehingga tempat wisata yang dibuka nantinya tidak menjadi tempat penularan virus corona.

Selain menyiapkan SOP, Disparbudpora Kabupaten Sumedang juga akan melakukan komunikasi dengan pelaku pariwisata diantaranya Perhimpuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi perjalanan wisata dan organisasi lainnya.

“Tujuannya agar saat pelaksanaan new normal nanti, para pelaku usaha sudah siap," kata Hari dilansir dari situs resmi Pemkab Sumedang, Jumat (29/5).

Hari menambahkan ketika SOP telah disusun setiap destinasi wisata nantinya harus melaksanakan SOP tersebut sehingga memberikan rasa aman terhadap pengunjung.

Dia menegaskan destinasi wisata yang belum melakukan persiapan sempurna atau tidak sesuai dengan SOP yang ditetapkan, tidak akan diberikan izin untuk beroperasi .

Tidak hanya itu, jika dalam pelaksanaannya ditermukan ada pelanggaran di tempat wisata tersebu, pihak Disparbudpora tidak akan segan-segan untuk melakukan peringatan, hingga pencabutan izin usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper