Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Geliat Penggiat Seni di Tengah Pandemi

Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak profesi sulit berkarya dengan maksimal. Beberapa profesi bahkan ada yang dirumahkan karena tempatnya mencari nafkah ditutup sementara untuk mengikuti imbauan pembatasan sosial.
Novianti
Novianti - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  20:50 WIB
Guzman Sige - Istimewa
Guzman Sige - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG – Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak profesi sulit berkarya dengan maksimal. Beberapa profesi bahkan ada yang dirumahkan karena tempatnya mencari nafkah ditutup sementara untuk mengikuti imbauan pembatasan sosial.

Salah satu profesi yang juga terkena dampak pandemi ini adalah penggiat seni. Salah satu perwakilan dari penggiat seni tersebut adalah Guzman Sige. Pria yang kerap disapa Guzman ini merupakan seorang komika, MC, penyiar dan staf agensi.

“Karena pandemi ini, ada banyak jadwal manggung saya yang tertunda,” ujar Guzman, Rabu (20/5/2020) saat kolaborasi live Instagram Bacang Panas bersama Bisnis.com.

Baginya, semua profesi harus bisa bertahan ditengah krisis global ini. Adanya jadwal pekerjaan yang tertunda harus tetap diisi dengan hal-hal yang penuh kreativitas. Hal inilah yang dilakukan Guzman saat ini.

Selain WFH (Work From Home), Guzman juga aktif berkreasi melalui podcast. Dia sedang menggarap dua podcast yang sudah dikerjakan dari beberapa bulan lalu seperti podcast tentang percintaan dan sepak bola.

“Saya belum bisa stand up comedy lagi. Memang ada banyak komika yang melakukan stand up comedy secara live di media sosial. Namun, bagi saya, kehadiran penonton itu penting karena saya bisa mendapatkan energi dari situ. Saya juga butuh respons mereka sehingga saya tahu materi yang disampaikan itu lucu atau tidak,” katanya.

Ketika melakukan stand up comedy, Guzman biasanya mengambil tema yang paling dekat dengan kehidupan yang menarik untuk dibahas. Dia juga biasanya menyesuaikan dengan tempat dan penonton seperti apa yang melihat penampilannya.

Baginya, menjadi komika bukan hanya membuat orang terhibur saja. Dari situ, ada banyak pelajaran yang bisa diambil misalnya seperti bagaimana caranya percaya diri dan berkomunikasi dengan lancar.

“Komika itu tidak bisa berdiri sendiri. Selain harus mengerti ilmunya, kita juga harus mengerti bagaimana caranya membuat branding untuk diri sendiri,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis indonesia
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top