Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Covid-19 BUMN Jawa Barat Salurkan Bantuan di 11 Wilayah

Hingga 15 April 2020, total dana yang telah disalurkan Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat sebesar Rp4,2 miliar.
Kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis Satuan Tugas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat./Bisnis
Kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis Satuan Tugas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Satuan Tugas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat yang terdiri atas 43 BUMN di wilayah Jawa Barat dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai koordinator, terus menyalurkan total 23 jenis bantuan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ke berbagai wilayah di Jawa Barat.

Koordinator Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat Lussy A. Seba menjelaskan bahwa hingga 15 April 2020, total dana yang telah disalurkan Satgas Covid-19 BUMN Wilayah Jawa Barat sebesar Rp4,2 miliar.

Keseluruhan dana tersebut, tuturnya, telah disalurkan dalam bentuk bantuan berupa material maupun uang tunai yang terus dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Tujuannya adalah agar tepat sasaran untuk masing-masing wilayah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat demi menekan angka penyebaran Covid-19," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (18/4/2020).

Berdasarkan data yang diterima oleh Posko Satgas, bantuan tersebut telah disalurkan ke total 11 wilayah dari total 27 wilayah Kota dan kabupaten se-Jawa Barat, melalui sejumlah rumah sakit dan puskesmas.

Ada 10 rumah sakit yang menerima bantuan yaitu RS Hasan Sadikin Bandung, RS PINDAD Bandung, RS Rotinsulu Bandung, RSUD Kota Bandung, RSKIA Bandung, RSUD Dr Soekardjo Tasikmalaya, RS Jasa Kartini Kota Tasikmalaya, RSUD Subang, RS Cibabat Cimahi, dan RS Ummi Bogor.

Adapun, bantuan ke puskesmas disalurkan antara lain Puskesmas Pasirluyu dan puskesmas-puskesmas di Kabupaten Karawang.

Mayoritas bantuan yang telah disalurkan, kata Lussy, adalah perlengkapan untuk tenaga medis yang ada di garda terdepan penanganan Covid-19 seperti 1 unit ventilator, 1.780 coverall suit (virus protective), 2.916 pasang handscoon, 30.799 buah masker medis, 8 unit thermogun, 27 buah head cover, 50 buah surgical gown, 200 buah face shield, 87 unit goggle glass, serta 74 pasang sepatu bot.

Dia menjelaskan bahwa Satgas Covid-19 BUMN Jawa Barat juga membantu Pemprov Jabar Barat dengan memaksimalkan sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 dengan menyalurkan bantuan berupa 19 lokasi pusat informasi, 421 lembar spanduk edukasi, penayangan sosialisasi di 1 unit videotron  hingga 17 paket training relawan Posko Satgas.

Selaku koordinator wilayah Jawa Barat, Jasa Marga berharap agar BUMN-BUMN di wilayah Jawa Barat dapat terus melanjutkan kerja sama penanganan Covid-19 dan aktif berkoordinasi sehingga dalam setiap penyaluran bantuan kepada fasilitas kesehatan dan masyarakat dapat tepat sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper