Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bupati Dony: 1.702 Warga Sumedang Pulang Kampung dari Jakarta

Kabupaten Sumedang sejatinya sudah sejak Januari 2020 melakukan langkah antisipasi pencegahan penyakit pneumonia yang belakangan ternyata adalah pandemi corona (COVID-19).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  17:59 WIB
1.702 Warga Sumedang Pulang Kampung dari Jakarta - Istimewa
1.702 Warga Sumedang Pulang Kampung dari Jakarta - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Kabupaten Sumedang sejatinya sudah sejak Januari 2020 melakukan langkah antisipasi pencegahan penyakit pneumonia yang belakangan ternyata adalah pandemi corona (COVID-19).

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya sudah mengimbau masyarakat lewat camat dan kepala puskesmas untuk mewaspadai penyakit tersebut. Setelah kasus merebak, pihaknya sejak awal Maret mengeluarkan berbagai kebijakan dalam rangka pencegahan COVID-19.

Dony mengaku meski sudah menerapkan kebijakan pihaknya harus kerepotan karena pergerakan warganya yang pulang kampung dari Jakarta mengalami peningkatan signifikan sejak 22 Maret lalu. Menurutnya pada saat itu, jumlah warga Sumedang yang bekerja di Jakarta dan memilih pulang tercatat mencapai 800 orang.

“Saat ini sudah mencapai 1.702 orang,” katanya kepada Bisnis, Jumat (27/3/2020).

Kondisi yang riskan penyebaran corona ini membuat pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menyepakati penerapan “Isolasi Lokal Kewilayahan”.

“Melalui kebijakan tersebut, terhadap semua warga Sumedang yang pulang kampung, khususnya dari daerah pandemik COVID-19 seperti Jakarta dilakukan karantina/isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari,” paparnya.

Menurutnya pihaknya juga menerapkan kebijakan warga yang pulang kampung dikenakan status ODP baik ODP bergejala sakit dan ODP berisiko bagi mereka yang sehat. Kebijakan penerapan status ini menurutnya sudah disosialisasikan terus menerus.

Selain memantau ke kampung-kampung, bahkan rumah-rumah, untuk memantau pergerakan warga terutama yang pulang kampung dari Jakarta. “Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap kedatangan bus dari Jakarta,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top