Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah ODP di Purwakarta Bertambah Setelah Peserta Musda Hipmi Melapor

Satgassus COVID-19 Kabupaten Purwakarta mencatat terdapat penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah tersebut. Namun untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya berkurang.
Sekda Purwakarta Iyus Permana
Sekda Purwakarta Iyus Permana

Bisnis.com,PURWAKARTA--Satgassus COVID-19 Kabupaten Purwakarta mencatat terdapat penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah tersebut. Namun untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya berkurang.

"Hari ini, terdapat 41 ODP dan 9 PDP di wilayah Kabupaten Purwakarta. Terdapat jumlah penurunan pasien dalam pengawasan, 1 orang statusnya sudah selesai," kata Sekda Purwakarta, Iyus Permana dalam rilis, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, terdapat penambahan 10 ODP dari 31 menjadi 41, dari 10 penambahan ODP tersebut 8 diantaranya adalah orang yang hadir pada Musda HIPMI di Karawang.

"Kami telah memantau dan mencatat alamat lengkap kedelapan orang tersebut dan berstatus ODP, dan kini mereka tengah melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," kata Ketua Satgassus COVID-19 Purwakarta itu.

Kemudian untuk PDP hari ini berkurang 1, kemarin 10 hari ini menjadi 9 orang. Sebelumnya yang 1 orang ini dirawat diruang isolasi. "Kini sudah agak baikan dan pindah perawatan dan selesai status PDP-nya," kata Iyus.

Selain itu, Sekda juga menyampaikan beberapa langkah satgas dalam hal penanggulangan COVID-19 di Purwakarta. Diantaranya, ada agenda penyemprotan jalan protokol yang akan dilakukan oleh Kodim 0619 bersama Polres yang akan melibatkan masing-masing 100 personel, selama tiga hari kedepan, dimulai besok, Kamis 26 Maret 2020.

"Saya sampaikan juga ada perintah dari Bupati Purwakarta khusus untuk Kepala DLH kaitan dengan pekerjaaan persampahan agar lebih ditingkatkan lagi kebersihan lingkungannya," tuturnya.

Sementara itu, berkaitan dengan penuhnya ruang isolasi RSBA, Pemkab Purwakarta juga tengah melakukan kerjasama dengan 5 rumah sakit swasta di Purwakarta diantaranya; RS Siloam, Thamrin, Amira, Bakti Husada dan Ramahadi. "Jika terdapat PDP lagi dan tidak tertampung di RSBA, bisa dirawat di kelima rumah sakit tersebut," ujar Iyus.

Sementara, sejumlah hal menjadi catatan Satgas COVID-19 Purwakarta diantaranya; saat ini Purwakarta, relatif aman, belum masuk zona merah maupun menjadi daerah transmisi lokal COVID-19.

Hal-hal lainnya dilakukan untuk menjaga teritorial Purwakarta agar tetap kondusif dengan cara, pertama; penertiban cafe di sepanjang jalur Cimaung-Munjul oleh Polres Purwakarta. Kedua desinfeksi areal public oleh OPD di lingkungan Pemkab Puwakarta secara simultan.

Selanjutnya, meningkatan kesiapsiagaan COVID-19 sampai level terbawah dengan membentuk posko di setiap RW dan Posko kesiapsiagaan COVID-19 di Sadang, Ciganea, Cikopo, Cibatu, dan Pasar Jumat.

"Otoritas juga terus melakukan penekanan kembali kepada masyarakat agar mematuhi setiap himbauan yang disampaikan oleh pemerintah pusat maupun daerah dan peran masyarakat juga sangat besar dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di wilayah ini," demikian Iyus Permana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper