Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajah Segitiga Rebana: Dishub Majalengka akan Bangun Terminal Tipe C di Sekitar BIJB‎

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Majalengka,‎ tengah merancang pembangunan terminal tipe C di daerah Kecamatan Jatitujuh, sebagai penyangga angkutan moda darat ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  19:17 WIB
Kawasan Bandara Kertajati Majalengka - Bisnis/Rachman
Kawasan Bandara Kertajati Majalengka - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Majalengka,‎ tengah merancang pembangunan terminal tipe C di daerah Kecamatan Jatitujuh, sebagai penyangga angkutan moda darat ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Majalengka, Ade Anung Ilyaharja, mengatakan, terminal tersebut untuk, ‎kedatangan dari wilayah utara BIJB Kertajati, terutama angkutan penumpang reguler.

"Kami masih menunggu pengesahan RDTR wilayah utara yang terdampak pengembangan kawasan Segitiga Rebana khususnya yaitu Kerjati dan J‎atitujuh, di mana lokasi bandar udara berada‎. Rencana luas terminal 2,5 hektare," kata Ade di Kabupaten Majalengka, Kamis (19/3/2020).

‎Terminal tersebut untuk angkutan penumpang, Dishub Kabupaten Majalengka sudah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pusat ‎guna membuka beberapa layanan khusus Angkutan Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP).

Ade mengatakan, AJDP dan AJAP tersebut, dalam bentuk angkutan shuttle.

"Sesuai kebijakannya dalam hal ini provinsi akan mengkaji untuk juga ayanan taxi khusus wilayah cirebon raya (ciayumajakuning dan subang)‎," kata Ade.

Akses menuju lokasi Terminal C pun, kata Ade, peme‎rintah provinsi akan melebarkan akses di sepanjang jalan Kadipaten menuju Jatibarang sebagai akses utama menuju bandara.‎

‎Sedangkan untuk keselamatan ke arah Bandara Kertajati, Dishub Kabupaten Majalengka terkait sedang melakukan survey dalam melengkapi fasilitas keselamatan, berupa marka rambu-rambu dan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL).

‎"Kami sebagai dinas terkait siap melakukan penyediaan fasilitas sarana dan prasarana lalu lintas," katanya.

Pembangunan terminal tersebut, nantinya akan menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Majalengka.

"Setelah ditemukan lokasinya, akan keluar kebutuhan anggarannya berapa. Karena kalau terminal C, kebijakannya ‎ada di pemerintah daerah," katanya. (K45)‎

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top