Jelajah Segitiga Rebana: Terasering Panyaweuyan Wisata Spot Swafoto di Majalengka

Terasering di Bukit Panyaweuyan, Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, kini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Majalengka.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  19:00 WIB
Jelajah Segitiga Rebana: Terasering Panyaweuyan Wisata Spot Swafoto di Majalengka
Terasering Bukit Panyaweuyan yang berada di Gunung Ciremai, Kabupaten Majalengka - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, MAJALENGKA - Terasering di Bukit Panyaweuyan, Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, kini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Majalengka.

Pantauan Tim Jelajah Segitiga Rebana Bisnis Indonesia, wisata tersebut menyuguhkan panorama alam perbukit‎an berupa terasering yang ditanami beberapa jenis tanaman holtikultura.

‎Di setiap terasnya, ada beragam macam tanaman di hamparan terasering. Setiap tahunnya, ada tiga jenis tanaman, pada musim pertama dan kedua, para petani menanam bawang merah, sedangkan di musim tanam ketiga, ditanami ubi serta kol.

Obyek wisata Bukit Panyaweuyan yang berada di Gunung Ciremai ini, berada di atas ketinggian 2.000 mdpl dan memiliki kemeringan hingga 40 derajat.‎

Nurdin (45), salah seorang petani, menyebutkan, para petani sengaja menanam dengan tekhnik terasering, salah satunya untuk mencegah bencana longsor. "‎Wisata ini mulai ramainya dari 2015, tidak pernah menyangka tempat jadi obyek wisata," kata Nurdin, Kamis (19/3/2020).‎

Hamparan terasering tersebut, diketahui menjadi latar yang digunakan oleh para pengunjung untuk melakukan swafoto, terutama pada waktu matahari terbit dan terbenam, bahkan beberapa dikali digunakan sebagai tempat foto prawedding.‎

Dimusim hujan saat ini, ‎pengunjung lebih baik mendatangi Bukit Panyaweuyan pada waktu pagi hari dari pukul 06.00 sampai 11.30 WIB. Wisata itu berjarak 40 kilometer dari Kantor Bupati Majalengka.

Warga sekitar,‎ Yoyoh (50), mengatakan, sejak menjadi obyek wisata, tempat ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri, melainkan wisata luar negeri dari Belanda, Singapura, Australia, dan India.

‎Suryani yang merupakan seorang petani ini pun, merangkap menjadi seorang pedagang. Diwaktu akhir pekan, penghasilannya bisa mencapai Rp 2 juta.

"Awalnya sempat kesal, karena diinjak sama pengunjung. Tetapi sekarang sudah pada mengerti, terus dapat berkah untung juga," katanya.‎

‎Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam unggahannya di Instagram pada 4 Februari 2020, mengaku sudah melakukan program perbaikan akses dan sarana pariwisata di Bukit Panyaweuyan, Kabupaten Majalengka.

"‎Program Pemprov Jawa Barat untuk perbaikan akses dan sarana pariwisata di keindahan alam Bukit Panyaweuyan Majalengka ini sudah bisa dinikmati wisatawan. Seluruh daerah di Jawa Barat mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov Jawa Barat terkait pengembangan pariwisata. Ada yang sudah selesai ada yang masih berproses," kata Ridwan Kamil dalam unggahannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Segitiga Rebana

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top