Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Potensi Hambat Lalu Lintas Libur Nataru, Tol Cisumdawu Seksi I Diminta Berhenti

Dinas Perhubungan Jawa Barat berharap pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi I, tepatnya di dekat Gerbang Tol Cileunyi dihentikan sementara.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 16 Desember 2019  |  17:42 WIB
Sejumlah truk melintasi proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Sejumlah truk melintasi proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Perhubungan Jawa Barat berharap pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi I, tepatnya di dekat Gerbang Tol Cileunyi dihentikan sementara.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari mengatakan jika proyek itu tidak dihentikan dikhawatirkan akan menghambat arus lalu lintas yang volumenya meningkat pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 ini.

Menurutnya proyek di titik rawan kemacetan lalu lintas tersebut bisa dihentikan sementara selama musim libur akhir tahun. Pembangunan di interchange Cileunyi-Cibeusi ini dinilai sangat rumit dan akibatnya menutup sejumlah lajur kendaraan.

"Di Cileunyi ini proyek sedang berlangsung di Seksi 1 Cisumdawu, bukan milik Jasa Marga tetapi milik pelaksana. Ini kan ada beberapa yang ditutup ruasnya, apalagi nanti bersamaan dengan melonjaknya volume arus, perlu kita antisipasi," kata Hery usai Rapat Koordinasi Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kantor Dishub Jabar, Bandung, Senin (16/12/2019).

Dia mengatakan solusi pihaknya bersama kepolisian jika terjadi kepadatan di kawasan tersebut adalah membuka gerbang tol di KM 147 dan KM 148 yang dapat dilanjutkan ke jalan nasional atau provinsi.

"Dari enam seksi pembangunan Cisumdawu, titik di Cileunyi ini memang paling rumit, ada elevated dan lain-lain. Kami mohon izin kepada Kementrian PU, pengerjaan seksi satu Cisumdawu mohon diberikan surat, apakah masa libur ditutup atau enggak," katanya.

Hery mengatakan yang harus menjadi perhatian bersama adalah arus balik yang diperkirakan akan terjadi serentak pada 1 Januari 2020. Sedangkan arus mudiknya bisa terpecah sejak libur Natal 2019. Bisa terbayang, katanya, jika kepadatan lalu lintas terjadi di Cileunyi dalam satu waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cisumdawu
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top