Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Karawang Sarankan Pemkab Maksimalkan Pelatihan untuk Pencari Kerja

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyarankan agar pemerintah daerah setempat memaksimalkan pelatihan untuk para pencari kerja.
Pekerja di Pabrik Toyota Karawang 2. /TMMIN
Pekerja di Pabrik Toyota Karawang 2. /TMMIN

Bisnis.com, KARAWANG - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyarankan agar pemerintah daerah setempat memaksimalkan pelatihan untuk para pencari kerja.

"Anggaran untuk pelatihan para pencari kerja harus dimaksimalkan lagi," kata Ketua Kadin Karawang Fadludin Damanhuri, di Karawang, Minggu (24/11/2019).

Ia mengatakan, optimalisasi pelatihan untuk pencari kerja harus dilakukan. Hal itu bisa menjadi bagian dari bentuk antisipasi Pemkab Karawang atas dampak kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karawang tahun 2020 yang mencapai Rp4.594.325.

Menurut dia, setiap tahun dampak kenaikan UMK di Karawang selalu terjadi. Seiring dengan itu, setiap tahun pula membeludak para pencari kerja di Karawang.

Informasi yang berhasil dihimpun, sepanjang tahun 2018 hingga 2019 terdapat 23 perusahaan yang tutup dan 10 perusahaan pindah pabrik dari Karawang ke daerah lain.

Kondisi itu di antaranya dipicu atas tingginya kenaikan UMK di wilayah Karawang.

Fadludin mengatakan, pengalokasian anggaran untuk pelatihan dalam meningkatkan kompetensi para pekerja di Karawang itu cukup penting.

Dengan tingginya UMK Karawang, tentu akan berdampak pada beberapa kemungkinan, di antaranya perusahaan tutup karena tak sanggup bayar upah. Hal lain, relokasi perusahaan dan pemberdayaan sistem robotik.

Seiring dengan kemungkinan pemberdayaan sistem robotik, kata Fadludin, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang harus mengambil langkah cepat dengan menyediakan sumber daya manusia yang mumpuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper