Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS Ketenagakerjaan Ajak Peserta Manfaatkan e-Channel untuk Permudah Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan mengajak peserta layanan baik perusahaan maupun karyawannya untuk memanfaatkan layanan e-Channel berupa Sistem Informasi Pelaporan Peserta (SIPP) online dan BPJSTKU untuk memudahkan akses pelayanan.
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci, Suhedi/Bisnis-Dea Andriyawan
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci, Suhedi/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — BPJS Ketenagakerjaan mengajak peserta layanan baik perusahaan maupun karyawannya untuk memanfaatkan layanan e-Channel berupa Sistem Informasi Pelaporan Peserta (SIPP) online dan BPJSTKU untuk memudahkan akses pelayanan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci, Suhedi menuturkan terobosan layanan digital ini akan sangat membantu peserta dalam melakukan pelaporan maupun pengecekan saldo secara real time.

"Jadi nanti para perusahaan bisa melakukan pengisian data sendiri dan mengelola data kepesertaan sampai mencetak kartu digital BPJS Ketenagakerjaan sendiri. Sehingga dengan sistem ini juga bisa menghindari kesalahan input yang disebabkan human error," jelasnya, Kamis (24/10).

Menurutnya, layanan digital BPJSTKU diperuntukkan bagi karyawan atau user yang menjadi peserta dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya untuk mengetahui hak yang didapatkan selama ini seperti melihat saldo, pengajuan klaim, pelaporan dan lainnya.

"Jadi dengan sistem ini, harapan kita antara perusahaan dan karyawannya bisa saling mengawasi. Karena laporan yang dilakukan bisa secara real time, tidak perlu menunggu lama seperti sistem sebelumnya," tuturnya.

Sebelumnya, Suhedi mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi berkala layanan e-Channel 21-23 Oktober lalu.

"Acara sosialisasi kali ini kita mengundang 300 (tiga ratus) perwakilan perusahaan yang kita anggap memiliki jumlah karyawan cukup besar," ujarnya.

Sosialisasi tersebut dilakukan agar para perusahaan yang telah menjadi peserta dalam program BPJS Ketenagakerjaan bisa memanfaatkan layanan e-Channel, yaitu berupa SIPP Online.

Dengan layanan ini setiap perusahaan diberi otoritas secara mandiri untuk melakukan pelaporan sistem administrasi secara real time. Seperti pelaporan pendaftaran karyawan, melihat data peserta yang masuk dan keluar hingga membaca rekap saldo seluruh karyawan.

Meski layanan digital tersebut sudah diluncurkan cukup lama, namun pihaknya mengaku masih akan terus melakukan sosialisasi. Mengingat, perusahaan yang sudah memanfaatkan layanan tersebut baru 90% dari total 6.410 perusahaan di wilayah kerjanya.

"Karena target kita bisa 100 persen. Jadi meski sekarang di Bandung sudah mencapai 90 persen, tapi upaya sosialisasi terus kita lakukan agar dapat lebih maksimal," pungkasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper