Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Gelar Job Fair, Ada 4.000 Lowongan Kerja Ditawarkan

Pemerintah Kota Bandung menggelar Job Fair di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (3/9). Dalam Job Fair tersebut setidaknya ada 4.000 lowongan kerja yang ditawarkan dari 41 perusahaan yang berpartisipasi.
Oded M Danial/Bisnis-Dea Andriyawan
Oded M Danial/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung menggelar Job Fair di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (3/9). Dalam Job Fair tersebut setidaknya ada 4.000 lowongan kerja yang ditawarkan dari 41 perusahaan yang berpartisipasi.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menilai, gelaran acara ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kota Bandung untuk terus menekan angka pengangguran di Kota Bandung.

"Bagian dari program Disnaker Kota Bandung hari ini menyelengarakan Job Fair yang ke-3 di tahun 2019," kata Oded.

Oded mengklaim, saat ini presentase pengangguran terus menyusut. Menurutnya, pada 2016 lalu, tercatat angka pengangguran di Kota Bandung mencapai 9%. Namun, saat ini angkanya menurun hingga 8%.

"Saya berharap mudah-mudahan proses job fair ini bisa mengurangi angka pengangguran sekaligus juga membuka peluang untuk masyarakat terutama para pencari pekerjaan," jelas Oded.

Dalam Job Fair ini, lowongan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan cukup beragam, mulai dari lulusan SMK/sederajat hinga S1. Dari segi jumlah juga menurutnya cukup banyak dari mulai puluhan hingga ratusan posisi yang ditawarkan oleh satu perusahaan.

"Saya barusan nanya-nanya ke semua stan perusahaan ini ada yang 50, 100,mudah-mudahan jumlahnya cukup signifikan," ungkapnya.

Para pelamar pun kata Oded tidak hanya didominasi oleh masyarakat ber-KTP Kota Bandung saja. Tapi juga banyak masyarakat dari Bandung Raya yang hadir untuk mencari pekerjaan dalam Job Fair tersebut.

"Saya tadi nanya berapa orang peserta KTP-nya bukan orang Bandung, ada Cileunyi, Bojongsoang, dari Padang juga ada, tapi kita kan NKRI yang jelas harapan saya paling tidak ini bisa membantu pencari kerja," katanya.

Dengan gelaran rutin ini, pihaknya berharap mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat yang sedang berusaha mencari pekerjaan. Implikasinya, tentu pada pengurangan angka pengangguran di Kota Bandung.

"Saya berharap mudah-mudahan job fair ini bisa mengurangi pengangguran sekaligus juga membuka peluang untuk masyarakat terutama para pencari pekerjaan,"ucapnya. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper