Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Bandung Bakal Bangun Kolam Retensi di Jalan SOR GBLA

Pemerintah Kota Bandung kembali mempersiapkan pembangunan kolam retensi guna mengatasi banjir. Kali ini, kolam retensi akan dibangun di Jalan SOR GBLA, Kecamatan Gedebage dengan total luas 8.000 meter persegi.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  13:28 WIB
Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau lokasi pembangunan kolam retensi - Bisnis/Dea Andriyawan
Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau lokasi pembangunan kolam retensi - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung kembali mempersiapkan pembangunan kolam retensi guna mengatasi banjir. Kali ini, kolam retensi akan dibangun di Jalan SOR GBLA, Kecamatan Gedebage dengan total luas 8.000 meter persegi.

"Pada dasarnya fungsi dari kolam retensi ini untuk menyerap luapan air dari Sungai Cinambo dan saluran air di perumahan-perumahan. Karena memang Gedebage merupakan cekungan paling rendah dari wilayah Bandung," ujar Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Selasa (13/8).

Yana berharap, kolam retensi di Jalan SOR GBLA sudah dapat berfungsi saat musim hujan tiba. Sehingga banjir yang biasanya melanda kawasan Gedebage bisa diminimalisir.

Saat ini, proses pembangunan kolam retensi masih dalam tahap perancangan. Namun Yana meminta agar proses perancangan segera dituntaskan.

"Ini manfaatnya besar sekali. Kita berharap secepatnya dapat dikerjakan. Karena sebentar lagi sudah masuk musim hujan," tegas Yana.

Sementara itu, Camat Gedebage Dodit Ardian Pancapana menyebutkan, rancangan kolam retensi ini secara swadaya dengan melibatkan warga Kelurahan Rancabolang Gedebage.

"Dalam upaya penanganan banjir ini, untuk efisiensi waktu, kami melibatkan potensi dari masyarakat. Beberapa kalangan profesional bersedia membuat rancangan kolam retensi ini untuk nantinya diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum," ujar Dodit.

"Setelah rancangan selesai dan diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, maka harapannya bisa langsung dikerjakan," imbuhnya. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top