Harga Sejumlah Komoditas di Cianjur Turun Jelang Iduladha

Harga sejumlah komoditas seperti ayam potong, bawang merah, dan kentang di pasar tradisional Cianjur, Jawa Barat, pada tiga hari menjelang Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah, mengalami penurunan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Agustus 2019  |  04:47 WIB
Harga Sejumlah Komoditas di Cianjur Turun Jelang Iduladha
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIANJUR -Harga sejumlah komoditas seperti ayam potong, bawang merah, dan kentang di pasar tradisional Cianjur, Jawa Barat, pada tiga hari menjelang Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah, mengalami penurunan.

Ayi Dedi (50) pedagang ayam potong di Pasar Induk Pasirhayam, Cianjur, Kamis, mengatakan saat ini harga ayam potong turun dari Rp36.000 menjadi Rp34.000 per kilogram dan terjadi sejak dua hari terakhir.

"Harga ayam potong menjelang perayaan hari besar keagamaan selalu tidak stabil, sedangkan harga normal untuk ayam potong berkisar Rp35.000 per kilogram," katanya, Kamis (8/8/2019).

Ia menjelaskan harga ayam potong menjelang H-2 Iduladha diperkirakan akan mengalami kenaikan karena jumlah permintaan dari masyrakat meningkat, meskipun stok untuk kebutuhan hingga saat ini masih aman.

Hal senada terucap dari Ani (29) pedagang sayur-mayur di Pasar Induk Pasirhayam. Ia menjelaskan menjelang hari raya kurban, harga komoditi seperti bawang merah, bawang putih, kentang, dan cabai tanjung mulai mengalami penurunan.

"Meskipun sempat melonjak, saat ini bawang merah dan bawang putih kembali ke harga normal Rp25.000 dari Rp30.000 per kilogram dan bawang putih semula mencapai Rp80.000 turun menjadi Rp32.000," katanya

Tidak hanya bawang merah dan bawang putih, untuk harga kentang, kata dia, juga mengalami penurunan dari Rp15.000 keangka Rp12.000 per kilogram dan sudah terjadi sejak satu pekan terakhir.

"Sedangkan untuk harga cabai rawit terus melonjak, saat ini dijual dengan harga Rp75.000 per kilogram, sedangkan harga normalnya Rp40.000. Sejak harga sejumlah komoditas turun, tingkat penjualan kembali meningkat," katanya.

Sementara berdasarkan catatan Satgas Pangan Polres Cianjur, harga kebutuhan pokok tiga hari menjelang Hari Raya Iduladha seperti beras, telur, gula, minyak goreng dan terigu masih normal dan belum terjadi kenaikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
iduladha

Sumber : Antara
Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top