Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Segera Bangun Lapak Sementara Pedagang Tedampak Kebakaran

Bisnis.com, BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial memerintahkan PD Pasar Bemartabat untuk segera menyiapkan lahan untuk tempat penampungan sementara pedagang Pasar Ujungberung yang terdampak kebakaran. Hal itu agar para pedagang bisa segera kembali berdagang.
 
"Saya minta ada lahan untuk mereka (pedagang) dan dibuatkan tempat jualan sementara," ujar Oded usai meninjau lokasi Pasar Ujungberung yang terbakar, Senin (10/6/2019). 
 
Ia juga meminta, aparat kewilayahan dan pihak terkait bersinergi untuk menanggulangi masalah tersebut. 
 
"Mudah-mudahan cepat tanggap. Pak camat, Dirut PD Pasar dan sebagainya, secepatnya membantu agar pedagang tak terlalu lama berhenti berdagang," pinta Oded.
 
Sementara itu, Pjs Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Andri Salman mengatakan, total kios yang terdampak kebakaran berjumlah 88 kios. Untuk penampungan pedagang sementara, PD Pasar Bermartabat akan menggunakan lahan Dinas Perhubungan yang lokasinya tak jauh dari pasar.
 
Namun di atas lahan tersebut, hanya mampu menampung 54 kios. Sisanya, tidak bisa ditampung karena ukuran lapaknya hanya 2x2 meter.
 
"Alhamdulilah Dishub meminjamkan lahan untuk digunakan lapak sementara. Nanti kita akan rapihkan.  Tetapi seperti toko mas dan sebagainya tidak mungkin untuk menempati tempat berjualan sementara, karena stok dan lain halnya," jelas Andri. 
 
Solusinya, PD Pasar Bermartabat akan membantu membenahi kios agar kios segera bisa ditempati.
 
"Ya kita bantu sebisa mungkin. Mulai dari membersihkan puing-puing agar bisa berdagang kembali,"katanya. 
 
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga sempat meninjau lokasi kebakaran. Saat meninjau, ia kembali mengingatkan kepada warga pasar tradisional di Kota Bandung untuk lebih berhati-hati soal instalasi listrik.
 
Ia juga telah berkoordinasi dengan PD Pasar Bermartabat untuk menyiapkan tempat penampungan sementara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper