Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bupati Kuningan: Kebutuhan Anggaran Untuk Kompensasi Waduk Kuningan Rp80 Miliar

Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  13:15 WIB
Bupati Kuningan Acep Purnama (kanan)
Bupati Kuningan Acep Purnama (kanan)

Bisnis.com,BANDUNG--Pemkab Kuningan meminta pemerintah mencari jalan keluar agar warganya yang terdampak pembangunan Waduk Kuningan mendapatkan kompensasi yang layak.

Bupati Kuningan Acep Purnama menambahkan waduk yang sudah direncanakan studinya pada 1983 tersebut terbilang kondusif dalam proses pembangunannya.

Namun permintaan warga di lokasi tak terdampak yang ingin pindah ini menurutnya bisa menghambat seluruh proses pembangunan. “Kalau tidak kita tangani terpaksa kita wajib memberikan jalan akses lingkar ini biayanya mahal,” tuturnya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (29/1/2019).

Menurutnya skema uang kerohiman harus ada karena meski tidak ada payung hukum, pemberian ini didasarkan pada pertimbangan kemanusiaan yang harus dikedepankan.

Acep mengaku sejak awal masyarakat sudah mendukung proyek tersebut, namun dampak sosial pasca penggenangan harus menjadi perhatian serius. “Kalau kita sesuai regulasi, akan mencapai jalan buntu,” ujarnya.

Acep menghitung untuk mengatasi seluruh persoalan mulai dari pembebasan lahan untuk relokasi di wilayah Perhutani, pembangunan fasilitas sosial dan umum, hingga mengganti kebutuhan warga yang hilang dana yang dibutuhkan mencapai Rp80 miliar. “Apabila dibandingkan dengan rencana [waduk] ke depan, itu tidak seberapa,” paparnya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabar jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top