Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lutfhi Mencoba Peruntungan Ketiga Kalinya di Pilbup Cirebon

PKB dan Golkar mengusung bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, Mohammad Luthfi dan Dia Ramayana di Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon 2024.
Pasangan Mohammad Luthfi dan Dia Ramayana
Pasangan Mohammad Luthfi dan Dia Ramayana

Bisnis.com, CIREBON - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golongan Karya (Golkar) mengusung bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, Mohammad Luthfi dan Dia Ramayana di Pemilihan Bupati (Pilbup) Cirebon 2024.

Sebagaimana diketahui, Lutfhi merupakan politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Cirebon untuk periode 2019-2024. 

Pada Pemilihan Umum Bupati Cirebon 2013, Luthfi mencalonkan diri sebagai Bupati Cirebon bersama Ratu Raja Arimbi Nurtina, keturunan Keraton Kanoman, dengan dukungan PKB, PPP, dan PBB. 

Dalam kontestasi tersebut, pasangan itu hanya mendapatkan 18,45% suara dan menempati posisi ketiga.

Selanjutnya pada pada Pemilihan Umum Bupati Cirebon 2018, Luthfi kembali maju sebagai calon bupati. Kali ini, ia berpasangan dengan Qomar, seorang tokoh politik nasional dan juga pelawak dari grup Empat Sekawan.

Pasangan tersebut didukung oleh PKB dan Partai NasDem, yang mendaftarkan diri di menit-menit terakhir setelah Qomar tidak mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat dan akhirnya mendapat dukungan dari NasDem. 

Nasib tidak beruntung pun harus diterima Lutfhi karena dikalahkan oleh petahana.

Sementara itu, Dia Ramayana merupakan tenaga ahli di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dan juga pernah menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Golkar di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VIII.

Pasangan Mohammad Lutfhi dan Dia Ramayana secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon pada Kamis (29/8/2024).

Pantauan Bisnis.com, pendaftaran dilakukan di Kantor KPU Kabupaten Cirebon sekira pukul 18.00 WIB. Lutfhi dan Dia hadir bersama rombongan partai pengusung, tim sukses, pendukung yang turut mengiringi proses pendaftaran tersebut. 

Diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lutfhi-Dia mengklaim memiliki basis dukungan yang solid. Kedua partai politik ini pun diketahui merupakan pecahan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Setelah tiba di kantor KPU, pasangan Lutfhi-Dia menyerahkan berkas pendaftaran mereka kepada Ketua KPU Kabupaten Cirebon. Berkas tersebut meliputi dokumen persyaratan administratif serta dukungan dari partai pengusung. 

KPU pun kemudian melakukan verifikasi terhadap dokumen tersebut sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan, sebelum nantinya pada 31 Agustus 2024 menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Selain Lutfhi-Dia, pasangan yang sudah mendaftar ke KPU Kabupaten Cirebon yakni, Imron Rosyadi-Agus Kurniawan Budiman dan Wahyu Tjiptaningsih-Solichin.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper