Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga BBM Dongkrak Inflasi Jabar 6,06 Persen pada Januari 2023

Inflasi tahunan tertinggi terjadi di Kota Bandung sebesar 7,37 persen dan terendah terjadi di Kota Sukabumi sebesar 5,24 persen.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Inflasi di Jawa Barat pada Januari 2023 secara year on year (yoy) 6,06 persen. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bandung yakni 7,37 persen.

Pada Januari 2023, gabungan 7 kota di Jawa Barat terjadi inflasi year on year (yoy) sebesar 6,06 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,65. Inflasi yoy tertinggi terjadi di Kota Bandung sebesar 7,37 persen dengan IHK sebesar 115,87 dan terendah terjadi di Kota Sukabumi sebesar 5,24 persen dengan IHK sebesar 113,75.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya seluruh indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 7,14 persen.

Kemudian pada kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 2,48 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 5,85 persen; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 3.89 persen; kelompok kesehatan sebesar 2,08 persen; kelompok transportasi sebesar 12,22 persen; kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,03 persen.

Selanjutnya ada juga kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 2,06 persen; kelompok pendidikan sebesar 4,20 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 4,24 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 7,03 persen.

"Komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi yoy pada Januari 2023, di antaranya bensin, bahan bakar rumah tangga, tarif air minum PAM, beras, angkutan dalam kota, bawang merah, cabai merah, tarif akademi/perguruan tinggi, rokok kretek filter, sewa rumah, telur ayam ras, tahu mentah. Sementara komoditas yang memberikan andil/sumbangan deflasi yoy, diantaranya daging ayam ras, daun bawang, baju muslim pria, kemeja panjang katun, celana panjang katun," kata Ketua Tim Statistik Distribusi Dudung Supriyadi, Rabu (1/2/2023).

Sementara itu, tingkat inflasi month to month (mtm) Januari 2023 sebesar 0,47. Inflasi mtm tertinggi terjadi di Kota Cirebon sebesar 1,17 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper