Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bidik 40 Juta Wisatawan, Disparbud Jabar Rekrut 108 Kreator Konten Jadi Ambasador

Ratusan ambasador ini nantinya akan bertugas mempromosikan destinasi wisata di Jabar lewat akun media sosial masing-masing.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  13:10 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) berfoto bersama 108 kreator konten atau ambasador pariwisata yang direkrut Disparbud Jabar.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) berfoto bersama 108 kreator konten atau ambasador pariwisata yang direkrut Disparbud Jabar.

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat merekrut 108 kreator konten atau ambasador pariwisata.

Ratusan ambasador ini nantinya akan bertugas mempromosikan destinasi wisata di Jabar lewat akun media sosial masing-masing.

Pengukuhan 108 ambasador pariwisata itu dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Selasa (21/6/2022).

Ridwan Kamil mengatakan, ini merupakan cara baru dalam mempromosikan sektor wisata yang memposisikan diri sebagai tulang punggung ekonomi Jawa Barat saat ini. Apalagi, Jabar menargetkan 40 juta kunjungan wisata tahun ini.

"Satu inovasi dari Pemprov Jabar mengangkat pariwisata sebagai unggulan ekonomi. Kita melihat fenomena bahwa mempromosikan wisata tidak bisa lagi dengan teori lama. Seperti pasang baligo besar-besaran. Pola promosi hari ini berbeda," tuturnya.

Pendekatan promosi lewat dunia digital, menjadi pilihan saat ini mengingat keterikatan masyarakat dengan media sosial sangat erat.

"Karena kita hidup di era digital maka digital marketing jadi pilihan. Nah digital marketing juga kita tidak menyewa kantor besar tapi gunakan citizen journalism. Maka lahirlah ambasador wisata Jabar ada 108 content creator yang follower-nya banyak itu kriterianya, hasilnya bagus, dari 2.000-an yang mendaftar," tuturnya.

Pihaknya berharap hadirnya konten promosi wisata tersebut bisa menjadi referensi sekaligus merekam destinasi wisata baru yang belum banyak dikenal masyarakat.

"108 ini nanti hasilnya akan membanjiri gawai orang yang datang ke Jabar sehingga berakhir pada naiknya kunjungan pariwisata di mana kita sebenarnya tidak terlalu fokus pada wisatawan asing," tuturnya.

"Jabar kajiannya fokus pada regional turis mudah-mudahan ekonomi bangkit, tempat wisata ramai. Sambil saya titipkan tak hanya mempromosikan tapi mengedukasi agar wisatawan bertanggung jawab lewat konten mereka," tuturnya.

Pemilik 18 juta pengikut di Instagram itu berpesan, agar para konten kreator itu mengemas gambar visual dengan baik dan estetis serta konsisten.

"Bikin konten yang baik secara visual nanti orang juga ngomongin. Konsisten, kalau dia di kuliner ya fokus saja di kuliner, biasanya algoritmanya mencari yang spesifik kalau segala dipegang gak terlalu bagus. Karena pesan juga butuh visual yang baik," katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan para kreator konten ini akan mendapat honor serta uang transportasi.

"Mereka tugasnya memvisualkan segala sektor potensi pariwisata karena hari ini masyarakat dekat dengan gawai. Nanti diunggah lewat media sosial masing-masing dan dikompilasi juga," tuturnya.

Berdasarkan perhitungannya, Benny menjelaskan biaya promosi wisata dengan mengandalkan kreator konten relatif lebih murah dan terukur.

"Jauh lebih murah kalau dikomparasi dengan promosi konvensional karena kita hanya memberikan honor dan transport. Pertama follower besar, dan mereka mencintai pekerjaannya. Jadi ini cara kreatif, mulai hari ini mereka merekam potensi pariwisata baik yang mainstream atau yang belum diketahui dengan berbagai genrenya ada outdoor, kuliner, belanja dan lainnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata jabar pemprov jabar ridwan kamil content creator
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top