Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelepasan Ekspor Akhir 2021: 44 Perusahaan Jabar Kirim Komoditas Senilai US$35,9 Juta

Arifin mengatakan, Jawa Barat berhasil menyumbang 14,68 persen dari total ekspor nasional pada Januari-November dari total ekspor nasional. Angka ini menjadikan Jabar menjadi provinsi nomer satu penyumbang ekspor terbesar di Indonesia.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  13:29 WIB
Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana (tengah) saat menghadiri pelepasan ekspor di PT Toyota Motor ManufacturingIndonesia, Karawang
Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana (tengah) saat menghadiri pelepasan ekspor di PT Toyota Motor ManufacturingIndonesia, Karawang

Bisnis.com, BANDUNG — Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat memfasilitasi 44 perusahaan mengikuti pelepasan ekspor akhir tahun 2021 yang digelar secara serentak oleh Kementerian Perdagangan di 26 provinsi, Kamis (23/12/2021).

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan momentum pelepasan ekspor produk bernilai tambah merupakan wujud konkret dukungan Pemerintah (Pusat dan Daerah) kepada para pelaku bisnis untuk terus berupaya dalam meningkatkan nilai ekspor Indonesia. 

“Jumlah pelaku usaha di Jawa Barat yang ikut melakukan ekspor di bulan Desember sebanyak 44 Perusahaan yang tercatat melalui Surat Keterangan Asal (SKA). Volume ekspor dari Jawa Barat ini mencapai 20.493 ton atau senilai US$35,9 juta,” katanya dihubungi Jumat (24/12/2021).

Momentum pelepasan ekspor ini menurutnya telah mendorong pelaku bisnis terus berinovasi menciptakan produk-produk bernilai tambah dan memanfaatkan peluang pasar yang ada, agar bisa bersaing di dalam maupun luar negeri. “Serta menjaga pertumbuhan ekonomi masyarakat agar terus berjalan,” ujarnya.

Arifin mengatakan, Jawa Barat berhasil menyumbang 14,68 persen dari total ekspor nasional pada Januari-November dari total ekspor nasional. Angka ini menjadikan Jabar menjadi provinsi nomer satu penyumbang ekspor terbesar di Indonesia.

Jawa Barat sendiri mendapat kehormatan karena menjadi lokasi utama pelepasan akhir tahun 2021 yang dipimpin Menteri Perdagangan M Lutfi.  

Ada tiga lokasi pelepasan ekspor akhir tahun yang digelar di Jawa Barat antara lain lokasi utama pelepasan di PT Toyota Motor Manufacturing  Indonesia, Karawang, lalu PT Bina Niaga Multiusaha (BNM Stainless Steel), Kabupaten Bekasi, kemudian PT Argha Karya Prima Industry, Kabupaten Bogor.

Dalam keterangannya Menteri Perdagangan M Lutfi mengatakan pelepasan ekspor akhir tahun ini menunjukkan bahwa ekonomi nasional mulai pulih. Menurutnya hal ini harus tetap dijaga secara serius agar perekonomian Indonesia terus bangkit dan tumbuh. 

“Pelepasan ekspor ini merupakan kolaborasi dan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para pelaku usaha guna mendorong pemulihan ekonomi nasional, serta tingkatkan kinerja ekspor nasional," ujarnya dalam Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021 secara virtual, Kamis (23/12/2021). 

Menurutnya kinerja ekspor Indonesia sepanjang 2021 memperlihatkan kinerja yang positif. Per November 2021, total nilai ekspor telah menembus US$209,16 miliardl dan menjadi yang tertinggi dalam sejarah. "Nilai ini melampaui rekor ekspor sepanjang 2011 yang mencapai US$203 miliar," lanjutnya.

Kementerian Perdagangan melepas ekspor senilai Rp35,03 triliun atau setara US$2,44 miliar secara serentak yang diikuti 278 eksportir dari 62 kabupaten/kota di 26 provinsi ke negara Eropa, Asia, Amerika, Australia, Selandia Baru dan Oseania berupa produk otomotif, batubara, kimia, minyak sawit dan turunannya serat produk perikanan dan lain-lain.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor pemprov jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top