Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Namanya Terus Naik di Survei Pilpres 2024, Ridwan Kamil Kerja Saja

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk ke dalam tiga besar calon presiden pilihan pemilih muda, berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia. 
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk ke dalam tiga besar calon presiden pilihan pemilih muda, berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia. 

Ridwan Kamil mengatakan hasil survei seperti apapun tidak akan mengubah kinerjanya sebagai Gubernur Jawa Barat. Terpenting, katanya, terus bekerja keras untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. 

“Saya kerja kan, jadi gini, saya kerja tidak berubah etos kerjanya. Tidak ngatur-ngatur, tidak nge-buzzer-buzzer kumaha, henteu. Kalau diapresiasi menjadi elektroral, alhamdulillah, dan juga masih panjang. Jadi intinya mah faktanya diterima, tapi tidak akan mengubah etos kerja saya. Tetap semangat, tetap kreatif, tetap inovatif," katanya dikutip Rabu (24/3/2021).

Namun dia mengaku pemilih muda memiliki karakteristik sendiri dimana pilihannya selalu merujuk pada pengaruh digital.

"Milenial itu memilih politik biasanya dari digital, riset, ngaruh banget. Jadi kalau kita rajin mengabarkan pencapaian-pencapaian, apresiasi itu pasti muncul," katanya.

Terkait nama Ganjar dan Anies yang masuk ke dalam top three survei tersebut, menurutnya kedua kolega tersebut bukanlah saingan namun calon mitra. Menurutnya yang berpengaruh pada pemenangan Pilpres adalah elektabilitas pasangan, tidak hanya perorangannya.

"Kalau pilpres saya tidak khawatir. Kenapa, yang riil penting itu elektoral pasangan. Kalau individu, bukan balapan ini mah. Apakah nomor 1 dan nomor 2, nomor 2 dan 3, nomor 2 dan 4. Nah kalau itu dielektoralkan, baru itu ilmiah karena saling mengkontribusi. Tapi kalau dihutung satu-mah,  tipis-tipis kan, engga jomplang 10 persen atau berapa," katanya.

Pekan ini, lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei tentang suara anak muda terhadap isu sosial politik bangsa. Survei salah satunya menanyakan soal tokoh yang dipilih anak muda untuk menjadi presiden.

Dari 17 nama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat perolehan angka tertinggi. Setelah Anies, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mendapat perolehan angka tinggi mencapai 13,7 persen. Menyusul di posisi ketiga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 10,2 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper