Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Juara! Dana PEN di BJB Terserap Lebih Cepat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dititipkan Pemerintah Pusat kepada Bank Jabar Banten (BJB) sudah terserap seluruhnya.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  17:58 WIB
Kantor Bank BJB - bankbjb.co.id
Kantor Bank BJB - bankbjb.co.id

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dititipkan Pemerintah Pusat kepada Bank Jabar Banten (BJB) sudah terserap seluruhnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan BJB sudah mencapai target lebih cepat untuk menyalurkan dana PEN sebesar Rp5 triliun hingga Desember 2020.

Menurutnya dana PEN dari Pusat Rp2,5 triliun dan dana BJB Rp2,5 triliun tersebut dipastikan sudah tersalurkan hampir seluruhnya. “Dana itu sudah habis, performa penyalurannya sudah habis,” katanya di Bandung, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya total yang sudah diluncurkan mencapai Rp4,98 triliun pada para pihak yang membutuhkan dana pemulihan ekonomi. Penerima dana PEN dari BJB didominasi oleh sektor konstruksi dan perdagangan.

“Masing-masing mengambil porsi 25 persen, kami tengah melobi untuk meminta lagi,” katanya.

Menurutnya penambahan dana diperlukan mengingat sektor UMKM masih menemui kendala penerimaan subsidi dari pemerintah. Dia mengaku sudah memerintahkan tim Satgas Pemulihan Ekonomi Daerah (PED) untuk bersafari ke sejumlah kementerian teknis.

“Untuk memastikan dana pusat yang bisa kita mintakan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi Jabar,” paparnya.(K57)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank bjb
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top