Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Purwakarta Bikin Terobosan Layanan PBB

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Purwakarta, meluncurkan sebuah inovasi untuk memudahkan dan memaksimalkan pendapatan di sektor pajak daerah. Terutama, yang berkaitan dengan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Bisnis.com,PURWAKARTA--Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Purwakarta, meluncurkan sebuah inovasi untuk memudahkan dan memaksimalkan pendapatan di sektor pajak daerah. Terutama, yang berkaitan dengan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Layanan pajak berbasis teknologi ini diberi nama Sistem Aplikasi Cek PBB Online (Siceupol). Saat ini untuk mengecek PBB sudah semudah menelepon pacar. Caranya, hanya dengan memegang Handphone (HP), para Wajib Pajak (WP) bisa mengetahui informasi soal PBB melalui aplikasi.

"Aplikasi Siceupol, saat ini sudah bisa diunduh melalui smartphone," ujar Kepala Bapenda Purwakarta, Nina Herlina dalam rilis Jumat (14/2/2020).

Nina menjelaskan, pihaknya sengaja membuat layanan pajak daerah, dengan sistem aplikasi untuk memudahkan masyarakat. Saat ini, jajarannya juga terus melakukan pengembangan.

"Ke depan, para wajib pajak tak hanya bisa mengakses informasi mengenai tagihan maupun layanan informasi lain soal PBB. Tapi, nanti bisa juga untuk melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut," jelas dia.

Dia mengaku, dalam pengembangan aplikasi tersebut pihaknya berencana menjajaki kerjasama dengan perusahaan teknologi. Misalnya, Tokopedia. Jadi, kedepan WP bisa juga melakukan pembayaran PBB-nya melalui aplikasi tersebut.

Nina menambahkan, dengan aplikasi ini para WP bisa mengecek soal tagihan yang sudah atau pun yang belum dibayarkan. Termasuk melakukan pembayaran. Jadi, masyarakat tak perlu lagi repot – repot antre datang ke kantor Bapenda.

Nina kembali menambahkan, target pendapatan daerah di sektor PBB, tahun ini mencapai Rp 71,5 miliar. Pihaknya optimistis target tersebut bisa terealisasi 100 %. Apalagi, saat ini sudah ada kemudahan.

"Kami juga akan memaksimalkan peran para kolektor PBB di masing – masing desa. Salah satu tugasnya, untuk menyosialisasikan aplikasi tersebut," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper