Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajah Segitiga Rebana III: Astra Tol Cipali Kembali Tambah Wire Rope

Astra Tol Cipali melakukan upaya peningkatan keselamatan dengan cara memasang kembali wire rope di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat. 
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  17:22 WIB
Pemasangan wire rope di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat. - Istimewa
Pemasangan wire rope di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat. - Istimewa

Bisnis.com, CIREBON - Astra Tol Cipali melakukan upaya peningkatan keselamatan dengan cara memasang kembali wire rope di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat. 

Wire rope merupakan sling baja yang dipasang di sisi jalan tol sebagai pembatas jalan. Ketahanan alat tersebut pun, mampu menahan beban kendaraan hingga 80 ton.

Corporate Communication Astra Tol Cipali, Theresia Dyah, mengatakan, hingga akhir 2020 ini, pihaknya menargetkan pemasangan wire rope sepanjang 40 kilometer. Namun sampai saat ini, baru 30 kilometer.

"Selanjutnya pemasangan 35 kilometer dan akan selesai sebelum lebaran 2021," kata Dyah dalam keterangan tertulis, Jumat (23/10/2020).

Astra Tol Cipali pun memastikan, hingga akhir 2021, seluruh ruas jalan Tol Cipali sudah dipasangi wire rope. Jalan bebas hambatan yang ada di utara Jawa Barat itu memiliki panjang 116,75 kilometer.

Dyah mengatakan, panjang ruas jalan dipasangi oleh wire itu sepanjang 109 kilometer. Sedangkan 6,75 kilometer lain sudah dipasangi median concrete barrier (MCB) dan dinding jembatan.

Selain itu, Astra Tol Cipali pun memberikan edukasi kepada para pengguna jalan dengan memasang imbauan melalui spanduk, variable message sign (VMS), dan videotron.

Kemudian, bersama pihak terkait pun rutin dilakukan penertiban kendaraan over dimensi dan overload setiap tiga bulan. Kendaraan yang melintas dengan kecepatan tinggi pun dijaring melalui operasi speed gun.

"Dilakukan agar para pengguna jalan dapat mematuhi batas kecepatan, karena batas minimal saat berkendara di tol itu 60 kilometer dan maksimal 100 kilometer per jam," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon jalan tol cipali
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top