Ridwan Kamil Bakal Tutup Satu BUMD

Satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jawa Barat segera ditutup karena kinerja yang terus merugi dan tidak memberikan deviden signifikan atas pendapatan asli daerah (PAD).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 11 Juli 2019  |  12:52 WIB
Ridwan Kamil Bakal Tutup Satu BUMD
Ridwan Kamil

Bisnis.com,BANDUNG—Satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jawa Barat segera ditutup karena kinerja yang terus merugi dan tidak memberikan deviden signifikan atas pendapatan asli daerah (PAD).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya saat ini terus membahas rencana penutupan BUMD sakit-sakitan tersebut.

Menurutnyalangkah ini bagian dari upaya pihaknya menyehatkan 11 BUMD yang saham mayoritasnya dipegang Pemprov.

"Ada salah satunya yang mau ditutup, yang sudah tidak layak lagi. Sedang dibahas,” katanya di Bandung, Rabu (10/7).

Pihaknya masih merahasiakan BUMD yang akan ditutup tersebut mengingat saat ini tim masih bekerja.

Diasendiri mencatat sampai saat ini telah menyelesaikan evaluasi terhadap empat BUMD dan sisanya akan diselesaikan sampai akhir 2019.

“Pada 2020 semua BUMD di Jabar udah jauh lebih baik dan bisa menghasilkan pendapatan lebih maksimal,” tuturnya.

Rencana penutupan ini juga mendengar saran DPRD Jabar agar pihaknya melakukan upaya merger, penutupan penuh atau menyerahkan BUMD pada pihak ketiga. Ridwan Kamil memilih opsi penutupan BUMD karena upaya perbaikan sudah tidak bisa dilakukan.

BUMD dengan kepemilikan saham terbesar dari Pemprov Jabar adalah PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk, PT Jamkrida Jabar, PT Jasa dan Kepariwisataan Jabar, PT Agronesia, PT Jasa Sarana, PT Tirta Gemah Ripah, PT Agro Jabar, PT Migas Hilir Jabar, PT Migas Hulu Jabar, PT Agribisnis dan Pertambangan, dan PT Bandarudara Internasional Jawa Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top