Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Yokke dan Doku, Bank Mandiri Dorong Akselerasi Digital Pelaku UMKM

Bank Mandiri mendorong pengembangan baru di sektor industri, terutama mereka yang bergelut di usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Event UMKM Merah Putih 2022
Event UMKM Merah Putih 2022

Bisnis.com, PURWAKARTA - Bank Mandiri mendorong pengembangan baru di sektor industri, terutama mereka yang bergelut di usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) demi meningkatkan daya saing.

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto menjelaskan salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mendorong para pelaku UMKM ini untuk turut berakselerasi dalam kemudahan bertransaksi. Karena, tak bisa dipungkiri saat ini peran digitaliasi sangat diperlukan untuk pengembangan bisnis mereka.

"Kami turut bantu mereka dengan memberikan bimbingan dan pelatihan supaya usaha mereka semakin optimal, termasuk mendorong para pelaku UMKM ini bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan dan menjalankan usahanya," ujar Aquarius dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Selasa (29/11/2022).

Dia menjelaskan, tahun ini Bank Mandiri bersama dengan Yokke dan DOKU menggelar bimbingan yang dibalut event UMKM Merah Putih 2022 dengan tema Recover Together Through Digital Innovation yang dihadiri ribuan UMKM.

Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya event kali ini akan diadakan dalam serangkaian acara, termasuk bazaar offline dan online, serta pelatihan offline maupun webinar.

Selain bazaar offline, kata dia, keunikan utama untuk event tahun ini adalah adanya bazaar online yang sudah dimulai sejak tanggal 28 November sampai dengan 31 Desember 2022 dengan menggunakan microsite yang mengusung konsep virtual city.

"Untuk pelatihan offline dan webinar sendiri akan diadakan di tanggal 30 November, 5 Desember, dan 7 Desember 2022, dengan materi pelatihan yang beragam. Seperti branding secara digital, solusi platform digital untuk pembayaran dan manajemen toko," kata dia.

Tidak hanya itu, lanjut dia, jajarannya juga memberikan pelatihan terkait aspek legalitas dan hukum dalam UMKM yang akan dibahas didalam sesi pelatihan ini oleh praktisi di bidangnya.

Aquarius menambahkan, inisiatif pelaksanaan event tahunan UMKM Merah Putih dengan skala yang semakin besar setiap tahunnya ini sejalan dengan upaya Pemerintah untuk mendorong UMKM menjadi digital.

Apalagi, menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang sudah onboarding ke dalam ekosistem digital per Juni 2022 mencapai 19,5 juta atau 30,4% dari total pelaku UMKM yang sekitar 65 juta unit. Sementara, pemerintah menargetkan 30 juta UMKM onboarding digital pada tahun 2024.

Dalam hal ini, Bank Mandiri pun secara aktif terus melakukan berbagai inisiatif dan menjalankan fungsi intermediasi untuk berkontribusi dalam mendukung UMKM di dalam negeri. Tercatat, sampai dengan akhir Oktober 2022 total penyaluran kredit ke sektor UMKM (Mikro dan UKM) telah mencapai sebesar Rp 143 triliun.

"Kemudian adanya pembukaan tabungan Mikro sebesar 6,6 juta Rekening, pendistribusian QRIS sebanyak 4,7 Juta, dan pelatihan-pelatihan UMKM yang berhubungan dengan digitalisasi," tambah dia.

Sementara itu, Direktur Utama Yokke Niniek S. Rahardja menambahkan sinergi UMKM Merah Putih 2022 adalah kontribusi nyata Yokke bersama dengan Bank Mandiri dan DOKU untuk berperan aktif mendorong proses digitalisasi UMKM agar dapat berkembang lebih pesat lagi.

Tidak cukup hanya dengan akses permodalan dan pelatihan bisnis, pelaku usaha juga perlu memiliki akses kepada platform yang dapat memudahkan mereka untuk mengelola dan mengembangkan usahanya. 

Pihaknya berharap, melalui gelaran UMKM Merah Putih 2022 ini dapat menjadi wadah pertumbuhan yang berkesinambungan bagi para pelaku UMKM.(K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper