Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dodol dan Kopi Jawa Barat Pikat Delegasi Mayors Retreat U20

Delegasi U20 begitu menikmati kuliner dari Jabar dalam kegiatan dodol making dan coffee cupping yang merupakan rangkaian Mayors Retreat U20 di Kabupaten Bogor.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 02 September 2022  |  13:01 WIB
Dodol dan Kopi Jawa Barat Pikat Delegasi Mayors Retreat U20
Delegasi U20 begitu menikmati kuliner dari Jabar dalam kegiatan dodol making dan coffee cupping yang merupakan rangkaian Mayors Retreat U20 di Kabupaten Bogor.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG -- Delegasi U20 begitu menikmati kuliner dari Jabar dalam kegiatan dodol making dan coffee cupping yang merupakan rangkaian Mayors Retreat U20 di Kabupaten Bogor, Kamis (1/9/2022) malam.

Adapun kuliner yang tersaji dalam kegiatan tersebut yakni dodol dan kopi. Selain menikmati dua kuliner tersebut, para delegasi U20 pun diajak untuk mengetahui proses pembuatannya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jawa Barat Dodit Adrian Pancapana menuturkan, perpaduan dodol dan kopi merupakan representasi keberagaman Indonesia.

"Dodol dan kopi itu karakteristiknya berbeda. Dodol itu makanan manis, kopi itu minuman pahit. Namun ketika keduanya bersatu, rasanya menjadi seimbang dan enak. Ini merupakan representasi dari keberagaman Indonesia. Perbedaan menjadi kekuatan tersendiri," katanya.

Salah satu delegasi dari Spanyol Juan Carlos De Castro menyatakan, dodol merupakan kuliner yang enak dan unik. Ia pun senang mencoba dodol untuk pertama kalinya.

"Saya menyukainya, (dodol) ini tidak terlalu manis, rasanya sangat pas. Di Spanyol, tidak ada makanan seperti ini," ucapnya.

Selain dodol, Kopi Robusta Gunung Batu Kabupaten Bogor tersaji juga dalam rangkaian Mayors Retreat U20. Perwakilan Sukamakmur Kopi Gunung Batu Andika menjelaskan, Kopi Robusta Gunung Batu memiliki variasi rasa asam dan tidak terlalu pekat. Kopi tersebut kerap menjadi suguhan tamu internasional.

"Kami pernah ikut festival kopi Amsterdam, dan memang Kopi Gunung Batu seringkali disuguhkan dalam kegiatan-kegiatan internasional," jelas Andika.

Delegasi dari Argentina Lucia Perelmuter yang turut serta dalam kegiatan coffee cupping sangat menyukai kopi robusta dari Gunung Batu Kabupaten Bogor.

"Ini sangat enak. Bagi saya, rasanya tidak jauh berbeda dari kopi Argentina, namun lebih asam sedikit," tutur Lucia.

Setelah berkegiatan di Kabupaten Bogor, para delegasi berpindah ke Kota Bogor untuk mengunjungi Bogor Creative Center dan Kebun Raya Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner pemprov jabar kopi
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top