Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawa Barat Bakal Jadi Percontohan Proyek Transisi Penerapan Kendaraan Listrik

Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu dari tiga provinsi yang terpilih sebagai percontohan proyek ENTREV UNDP untuk Indonesia.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat bersama United Nations Development Programme (UNDP), Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, serta Bappeda Jabar melaksanakan diskusi terkait pengembangan proyek ENTREV (Enhancing Readiness for Transition to Electric Vehicles) di Indonesia.

Dalam diskusi tersebut, Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu dari tiga provinsi yang terpilih sebagai percontohan proyek ENTREV UNDP untuk Indonesia.

Tujuan Proyek ENTREV adalah mendukung Pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan dalam menyiapkan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) menuju transisi penggunaan KBLBB secara massal yang berdampak pada pengurangan emisi gas rumah kaca.

Ada tiga komponen yang dibahas dalam diskusi tersebut, di antaranya kerangka kelembagaan dan strategi untuk industri KBLBB dan infrastruktur pengisian daya KBLBB, demonstrasi pengembangan early market untuk KBLBB, serta pengembangan pengetahuan, kapasitas, dan manajemen limbah baterai.

Kepala Dinas ESDM Jawa Barat Ai Saadiyah Dwidaningsih mengatakan pihaknya sudah menyiapkan roadmap pengembangan KBLBB di Jawa Barat, yaitu peta lokasi potensial untuk pembangunan sarana pendukung KBLBB seperti SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dan SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum), serta regulasi yang dibutuhkan.

“Dalam mendukung kampanye transisi KBLBB di Indonesia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah berkomitmen untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional Dinas. Dan di tahun 2023 sebanyak 26 perangkat daerah Jawa Barat akan menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasinal,” katanya dikutip Bisnis, Senin (8/8/2022).

Diharapkan kesuksesan proyek percontohan ENTREV di Jawa Barat ini akan bisa diimplementasikan di seluruh wilayah Indonesia ke depannya.

Pemerintah terus mendorong upaya percepatan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sebagai transportasi jalan, salah satunya adalah dengan menerbitkan Peraturan Presiden No. 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk Transportasi Jalan.

Dalam Perpres ini dijelaskan bahwa perwujudan percepatan KBLBB merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah pusat dan juga daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper