Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Ciayumajakuning Jangan Mudah Tergiur Investasi dan Pinjol Ilegal

OJK mengimbau seluruh masyarakat di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) untuk mewaspadai tawaran investasi ilegal dan pinjol ilegal.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  13:20 WIB
Warga Ciayumajakuning Jangan Mudah Tergiur Investasi dan Pinjol Ilegal
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol - Freepik.com

Bisnis.com, CIREBON - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon mengimbau seluruh masyarakat di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) untuk mewaspadai tawaran investasi ilegal dan pinjaman online ilegal.

Kepala OJK Cirebon Mohamad Fredly Nasution mengatakan, belum lama ini OJK menemukan 10 entitas investasi ilegal yang terbukti melakukan penawaran, namun tidak menyertakan izin.

Sepuluh entitas tersebut berupa, entitas money game, forex dan robot trading tanpa izin, serta perdagangan aset kripto.

Ditambahkannya, Satgas Waspada Investasi sudah memanggil dan meminta penghentian kegiatan serta pengembalian dana masyarakat yang telah dihimpun kepada beberapa entitas tersebut.

"Dilakukan tindakan kepada PT Enel Kekuatan Hijau yang diduga telah melakukan money game/skema ponzi. Kemudian, PT Advance Global Technology/AGT diduga melakukan penawaran investasi tanpa izin dari regulator dengan modus jasa periklanan," kata Fredly, Selasa (2/8/2022).

Selain itu, OJK juga menemukan 100 usaha pinjaman online ilegal. Tercatat, sepanjang 2018 hingga 2022, pihak otoritas ini sudah menutup 4.089 usaha tersebut.

Dikatakan Fredly, upaya patroli siber dan pemblokiran terus dilakukan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mempersempit ruang gerak dpelaku pinjaman online maupun investasi ilegal.

"Satgas Waspada Investasi mendorong penegakan hukum kepada para pelaku pinjaman online ilegal ini dengan terus menerus juga melakukan pemblokiran situs dan aplikasi agar tidak diakses oleh masyarakat," katanya.

Pihak OJK Cirebon mengimbau, kepada masyarakat mewaspadai segala bentuk modus baru pelaku untuk menjerat korban. Kalau menemukan, bisa melapor ke
Layanan Konsumen OJK 157, email [email protected] atau [email protected]

Menurut Fredly, upaya pemberantasan tergantung peran aktif masyarakat. Salah satu yang bisa dilakukan, tidak terigur dengan penawaran bunga tinggi dan harus mempertimbangkan aspek legalitas. ditawarkan.

"Masyarakat dapat melakukan pengecekan legalitas dengan mengunjungi website dari otoritas yang mengawasi atau melakukan pengecekan dalam list entitas yang dihentikan oleh Satgas Waspada Investasi melalui," kata Fredly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

OJK pinjol
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top